Pulpen - Pen Promosi Murah, Klik Disini!Pin Promosi Murah, Klik Disini!


Dapatkan info penting lainnya dari kami!

Email anda :



Definisi
Demam Yang Tidak Diketahui Penyebabnya (Fever of Unknown Origin, FUO) pada anak-anak terjadi jika pengukuran suhu tubuh badan melalui rektum, yang dilakukan minimal sebanyak empat kali selama minimal dua minggu, menunjukkan angka 38,5° Celsius dan tidak diketahui penyebabnya.

Demam jangka pendek seringkali terjadi pada anak-anak akibat infeksi saluran pernafasan; FUO merupakan demam yang berlangsung lebih lama. Demam yang berlangsung lama bisa merupakan petunjuk dari suatu penyakit yang serius, yang memerlukan pemeriksaan medis lebih luas.

Penyebab
Di AS, sekitar 50% kasus FUO pada akhirnya didiagnosis sebagai suatu infeksi. Infeksi ini berlainan, tergantung kepada usia anak. Pada 65% anak yang berumur kurang dari 6 tahun, penyebabnya adalah infeksi virus, terutama pada saluran pernafasan bagian atas (sinus, hidung dan tenggorokan).

Pada anak yang berumur lebih dari enam tahun, cenderung lebih banyak ditemukan infeksi pada lapisan jantung (endokarditis) atau mononukleosis infeksiosa.

Pada anak berumur lebih dari enam tahun, 20% dari FUO disebabkan oleh penyakit autoimun, seperti artritis rematoid juvenil, penyakit peradangan usus dan lupus eritematosus sistemik.

Kanker, terutama leukemia atau limfoma, merupakan 10% dari penyebab FUO. Pada 10% kasus, penyebabnya berupa alergi obat, sindroma Kawasaki, penyakit genetik dan peradangan pada berbagai organ (misalnya tulang, kelenjar tiroid, pankreas atau otak dan korda spinali). Pada 15% kasus, penyebabnya tidak pernah diketahui, meskipun telah dilakukan pemeriksaan yang menyeluruh.

Gejala
FUO dibedakan dengan demam lainnya dari lamanya demam berlangsung. Demam seringkali datang dan pergi selama minimal 2 minggu.

Gejala umum berupa:
Nafsu makan berkurang, penurunan berat badan, lelah, menggigil dan berkeringat.

Gejala khusus antara lain, gejala kulit (misalnya gatal-gatal, ruam kulit, perubahan warna kulit), nyeri dada, sesak nafas, murmur (bunyi jantung tambahan), penyakit persendian dan pembesaran kelenjar getah bening.

Diagnosa
FUO dibedakan dari demam lainnya dari lamanya demam berlangsung. Demam seringkali datang dan pergi selama minimal 2 minggu. Untuk memperkuat diagnosis, dilakukan pemeriksaan fisik. pemeriksaan darah, air kemih dan rontgen.

Pengobatan
Untuk menurunkan suhu tubuh sebaiknya diberikan asetaminofen. Mungkin perlu diberikan antibiotik. (yz)


Artikel Yang Mungkin Berkaitan :
  1. Inilah 10 Mitos Penggunaan Obat yang Keliru
  2. Inilah 4 Tanda Awal, Anda Tak Akan Punya Anak
  3. Buah Merah Tak Mampu Matikan Virus HIV
  4. Alzheimer Belum Bisa Disembuhkan! Inilah Gejala Awalnya
  5. Inilah 10 Pekerjaan Terburuk untuk Paru-paru Anda
  6. Lensa Kontak Bisa Sembuhkan Migrain, Diabetes, Glaukoma dan Katarak
  7. Kegemukan Bisa Merusak Sperma
  8. Vitamin E Tingkatkan Risiko Kanker Prostat
  9. Waspadai Lemak Trans
  10. Hati-hati, Plastik Juga Berbahaya