Dapatkan info penting lainnya dari kami!

Email anda :


Share

PENYAKIT degeneratif seperti Parkinson atau pun Alzheimer selama ini memang sulit dideteksi sejak dini. Namun di masa mendatang, setiap pasien akan lebih mudah mendeteksi gejala penyakit ini seperti halnya mengetes kadar kolesterol atau lemak dalam darah .

Jika tak ada halangan, dalam waktu dekat ini sebuah perusahaan asal Amerika Serikat bakal segera memasarkan semacam alat tes darah yang dapat mendeteksi dua jenis penyakit degenerasi ini.

Saat ini, tim yang terdiri dari para ahli masih terus mengembangkan alat tes darah ini yang dibuat Power3 Medical Products ini. Menurut laporan yang dirilis Chemistry and Industry, produk ini dijadwalkan siap diluncurkan di Eropa pada musim panas ini.

Parkinson dan Alzheimer merupakan dua jenis penyakit yang hanya dapat didiagnosa apabila gelaja-gejalanya telah muncul pada penderita. Para ahli di Inggris berpendapat, tes darah ini sepertinya cukup memberikan harapan dalam mendeteksi gejala serta memantau penyakit ini, namun penyempurnaan teknologi masih tetap diperlukan.

Alat bantu monitoring
Alat tes darah yang disebut NuroPro ini pada dasarnya merupakan alat bantu untuk mengukur kadar 59 jenis biomarker atau protein dalam darah. Kadar tertentu dari sejenis protein dapat digunakan untuk membedakan antara kasus Alzheimer, Parkinson serta penyakit saraf degenaratif lainnya seperti penyakit Lou Gehrig.

Sejauh ini, lebih dari 180 pasien telah menjalani tes, dan perusahaan pembuat alat ini mengklaim sekitar 60 hingga 70 persen sukses dalam mengidentifikasi mereka yang mengalami Alezheimer, Parkinson atau Lou Gehrig. Percobaan klinis sejauh ini dilakukan di Amerika Serikat dan Yunani.

¨Saat ini belum ada satu pun alat tes diagnosa untuk jenis penyakit saraf degeneratif di pasaran. Diagnosa masih berdasarkan pada pemeriksaan klinis dari gejala-gejala yang muncul,¨ ungkap Steve Rash chief executive director Power3 Medical Products.

Sementara itu Kieraan Breen, direktur riset Parkinson´s Disease Society, berpendapat bahwa saat ini masih sulit untuk mendiagnosa jenis penyakit ini.

¨Sementara alat tes NuroPro menjanjikan sebuah harapan, sebuah riset besar perlu dilakukan sebelum alat ini dinyatakan dapat membantu membuat diagnosis Parkinson,¨ ujarnya.

¨Tes darah juga bisa sangat membantu dalam memonitoring perkembangan Parkinson serta menentukan agen atau obat-obatan yang mengubah rata-rata perkembangan penyakit ini,¨ tambahnya.

sumber: kompas.com


Artikel Yang Mungkin Berkaitan :

  1. Kerja Shift Malam Rentan Terkena Kanker
  2. Sakit Punggung dari Keturunan Nenek Moyang
  3. Kenapa Payudara Nyeri Jelang Menstruasi?
  4. Obat Batuk Herbal Bisa Jadi Pilihan Tepat
  5. Kenali Gelaja Kanker Kulit Dari Tahi Lalat
  6. Mengenali Talasemia Pembuat Anemia
  7. Pentingnya Asam Lemak Omega 3
  8. Taukah Anda, TV Lebih Bahaya Bagi Jantung Dibanding Komputer?
  9. Dampak Komputer bagi Kesehatan
  10. Miastenia Gravis (Myasthenia Gravis/MG), Penyakit Langka!