Pulpen - Pen Promosi Murah, Klik Disini!Pin Promosi Murah, Klik Disini!


Dapatkan info penting lainnya dari kami!

Email anda :



Bolehkah penderita diabetes berpuasa?
Diabetes Mellitus (DM) adalah penyakit kronis yang terjadi akibat gangguan hormon insulin dalam tubuh, dimana hormone insulin sangat berguna untuk mengatur kadar gula darah agar tidak terlalu tinggi karena kadar gula yang terlalu tinggi dapat menyebabkan berbagai gangguan, terutama pada pembuluh darah dan syaraf

Bagi pengidap DM bila ingin berpuasa harus memenuhi syarat, yakni kadar glukosa darah harus terkendali, atau kurang dari 110 miligram/desiliter. Puasa juga dilarang untuk semua penderita DM tipe 1 yang disebabkan kekurangan insulin dan tidak stabil, atau tipe 2 yang disebabkan insulin tidak berfungsi dengan baik dank arena kontrol yang buruk.

Menurut dr. Reno Gustaviani SpPD dari Divisi Metabolik Endokrin Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI), penderita DM harus memonitor glukosa darah secara ketat karena glukosa darah dapat berfluktuasi secara cepat selama Ramadhan, dan mereka harus mengetahui gejala dehidrasi dan hipoglikemia seperti keringat dingin, gemetar, jantung berdebar-debar, kesemutan pada lidah atau bibir. Jika kadar glukosa darah kurang dari 63 mg/dl, maka mereka harus segera berbuka, tambahnya.

Puasa, menurut dr. Reno, dianjurkan bagi semua pengidap DM tipe 2 dengan berat badan berlebih, namun makannya terkontrol dengan baik. Hal ini dikarenakan, puasa dapat memperbaiki sensitivitas insulin dan mengontrol metabolik serta mengurangi berat badan. Saat berbuka puasa, sebelum salat magrib dapat mengkonsumsi makanan ringan dan segar atau makanan yang manis, dan setelah salat magrib mengonsumsi makanan padat dan besar.

Kemudian, setelah salat tarawih, dapat mengkonsumsi makanan kecil. Saat sahur sebaiknya membatasi makanan yang manis. “Jumlah kalori hampir sama dengan kalori sehari-hari, saat berbuka dianjurkan untuk makan makanan yang segar dan bergizi. Jangan makan terlalu berlebihan,” kata Reno.

sumber: beritanet.com


Artikel Yang Mungkin Berkaitan :
  1. Kopi Kurang Baik untuk Produktivitas Kerja
  2. Cara Mengetahui, Apakah Payudara Anda Bemasalah?
  3. Aturan Bagi Penderita Jantung Koroner
  4. Kenapa Perempuan Lebih Cerewet ? Inilah Penyebabnya
  5. 63% Perempuan Indonesia Rentan Keropos Tulang
  6. Khasiat Jahe Bagi Kesehatan Tubuh, part 1
  7. Waspadai Gangguan Pada Gusi
  8. Apakah Urine Aman Untuk Di Minum?
  9. Inilah 8 Tips Memasak Sehat di Rumah
  10. Kenapa Golongan Darah Ada 4 (A, B, AB dan O)?