Dapatkan info penting lainnya dari kami!

Email anda :


Share

Autis merupakan kelainan perilaku dimana penderita hanya tertarik pada aktivitas mentalnya sendiri (seperti melamun atau berkhayal). Gejala ini umumnya mulai terlihat ketika anak berumur tiga tahun.

Menurut buku Diagnosis and Statistical Manual of Mental Disorders-Fourth Edition (DSM-IV), gangguan autis dapat ditandai dengan tiga gejala utama, yaitu gangguan interaksi sosial, gangguan komunikasi, dan gangguan perilaku. Gangguan perilaku dapat berupa kurangnya interaksi sosial, penghindaran kontak mata, serta kesulitan dalam bahasa.?

Gangguan autis pada anak-anak memperlihatkan ketidakmampuan anak tersebut untuk berhubungan dengan orang lain atau bersikap acuh terhadap orang lain yang mencoba berkomunikasi dengannya. Mereka seolah-olah hidup dalam dunianya sendiri, bermain sendiri, dan tidak mau berkumpul dengan orang lain. Namun, anak autis biasanya memiliki kelebihan atau keahlian tertentu, seperti pintar menggambar, berhitung atau matematika, musik, dan lain-lain.? ?

Penyebab autis sejauh ini belum diketahui dengan pasti, namun diduga kuat berkaitan dengan faktor keturunan, khususnya hubungan antara ibu dan janin selama masa kehamilan.

Terapi yang tepat untuk anak autis sangat bersifat individual. Untuk itu dibutuhkan seorang yang ahli dalam terapi autis untuk mengenali dan memberikan apa yang dibutuhkan oleh sang anak agar dapat tumbuh berkembang secara baik. Salah satu terapi yang digunakan adalah dengan meningkatkan kemampuan untuk berbagi (sharing) sehingga dapat mendorong mereka untuk lebih berinteraksi dengan lingkungannya.

Jika terjadi kelainan perilaku pada anak, sebaiknya langsung dikonsultasikan ke dokter. Hal tersebut bertujuan agar dokter secepatnya dapat memberikan tindakan pengobatan atau latihan khusus sejak dini terhadap anak yang mengalami keadaan tersebut.

sumber: info-sehat.com


Artikel Yang Mungkin Berkaitan :

  1. Inilah 9 Kesalahan Orang Tua Saat Mengasuh Balita
  2. Inilah 4 Tips Agar Anak Tidak Manja
  3. Kapankah Saatnya Bayi Mandi Air Dingin?
  4. Cegah Kepala Bayi Agar Enggak Peyang
  5. Inilah 6 Tips Sebelum Anak ke Mal Bersama Teman – Temannya
  6. 7 Langkah Menangani Mimisan Pada Anak Anda
  7. Informasi untuk orang tua seputar obat pilek dan batuk anak
  8. Kartu Kredit Untuk Anak, Perlukah?
  9. Cegah Keracunan Pada Anak Anda ! Ikuti 6 Tips Berikut Ini
  10. Hindari Makanan Berikut Selama Menyusui