Dapatkan info penting lainnya dari kami!

Email anda :


Share

Gingivitis : Radang Gusi, Bengkak dan Merah. Deskripsi : Gingivitis secara terminologi terdiri dari ‘gingiva’ yang berarti gusi dan ‘itis’ yang berarti radang, sehingga definisi gingivitis adalah radang pada gusi akibat dari infeksi bakteri.

Pada awalnya, bakteri yang mendominasi adalah organisme streptokokus gram positif. Setelah periode 3 minggu, jenis (spesies) batang gram positif khususnya Actinomyces, organisme gram negatif seperti Fusobacterium, Veillonella dan organisme-organisme spirochaetal termasuk Treponema berkoloni menempati kantong gusi.

Gingivitis merupakan salah satu penyakit periodontal. Penyakit periodontal melibatkan peradangan dan infeksi yang menghancurkan jaringan yang mendukung gigi, termasuk gusi, ligamen periodontal, dan kantong gigi (tulang alveolar). Penyebab paling umum dari gingivitis adalah kebersihan mulut yang buruk. Menyikat gigi dan penggunaan dental floss (benang gigi) setiap hari dapat membantu mencegah radang gusi.

Penyebab
Penyebab paling umum dari gingivitis adalah kebersihan mulut yang buruk yang mendorong terbentuknya plak. Plak adalah sebuah lapisan biofilm yang tidak terlihat, lengket yang terutama terdiri dari bakteri. Menyikat gigi dengan cara yang benar dan rutin serta setiap hari dapat menghilangkan plak.

Plak harus dihilangkan setiap hari dengan menyikat gigi karena akan kembali terbentuk dengan cepat, biasanya dalam waktu 24 jam. Plak yang menumpuk akan menyebabkan terbentuknya karang gigi (kalkulus).

Plak yang menumpuk pada gigi akan terkalsifikasi sehingga membentuk lapisan keras yang menyerupai kapur, lapisan keras inilah yang disebut sebagai karang gigi. Toksin yang merupakan hasil metabolisme dari bakteri akan menyebabkan gusi terinfeksi, bengkak, dan lunak.

Gejala

  1. Gusi kemerahan
  2. Gusi bengkak
  3. Konsistensi gusi menjadi lebih lunak
  4. Bentuk gusi agak membulat (unstippling)
  5. Gusi mudah berdarah

Pengobatan
Pengobatan utama pada gingivitis adalah dengan menghilangkan penyebabnya, yaitu dengan membersihkan karang gigi (scaling). Membersihkan karang gigi dapat dilakukan di praktik dokter gigi. Satu minggu pasca pembersihan karang gigi, dicek apakah kondisi sudah membaik atau belum. Jika kondisi gusi masih radang atau belum membaik berkonsultasilah dengan dokter gigi.

Sumber: MayoClinic, PubMed Health, WebMD, Atlas Berwarna Kelainan Rongga Mulut yang Lazim (Langlais dan Miller, 1998), detik.com


Artikel Yang Mungkin Berkaitan :

  1. Tips Berhenti Merokok! Konsumsi 4 Makanan Ini
  2. Kenali Penyakit Menular Seks (PMS)
  3. Inilah 5 Fakta Tentang Kesehatan Jantung Wanita
  4. Rahim / Peranakan Turun, Di Operasi Atau di Urut?
  5. Inilah Reaksi Tubuh Anda Saat Konsumsi Ekstasi
  6. 7 Gerakan Senam Mata Mempertajam Penglihatan
  7. Inilah Resiko BerOlah Raga Di Kota Penuh Polusi Seperti Jakarta
  8. Waspada! Zat Pewarna Soda Memicu Kanker?
  9. Stroke dan Gejalanya
  10. Meja Kerja Sarang Kuman