Dapatkan info penting lainnya dari kami!

Email anda :


Share

Membuat daftar keinginan (wish list) dan hal yang harus dilakukan, baik dalam pekerjaan atau rumah tangga memiliki dampak positif. Pekerjaan menjadi lebih mudah dan cepat terselesaikan. Tidak hanya itu, daftar keinginan bisa membuat hidup Anda menjadi lebih bahagia.

Tahukah Anda, tak hanya daftar tugas atau belanja yang perlu Anda buat, tapi juga daftar kenangan indah Anda. Sebab, menurut penelitian tim psikolog dari University of California, jika seseorang bisa membuat daftar kebahagiaan dan mensyukurinya lebih dari 80 menit setiap minggu, hidupnya akan lebih bersemangat dan antusias dibandingkan yang tidak pernah melakukannya.

Ingin tahu alasan lain perlu membuat daftar seputar kehidupan Anda, simak lima alasan berikut:

1. Daftar keinginanan adalah sumber kekuatan
Saat membuat daftar keinginan, Anda menuliskan harapan tentang sesuatu hal. Daftar tersebut seperti program kerja Anda dan tertulis hal apa yang harus Anda raih. “Daftar keinginan membantu seseorang untuk mencapai cita-cita meskipun terkadang semua hal yang ada dalam daftar tidak terpenuhi,” kata Sonja Lyubomirsky, PhD, profesor psokologi dari University of California, seperti vivanews kutip dari Shine.

Daftar yang Anda tulis sendiri merupakan motivasi yang bisa memberikan kekuatan saat Anda sedang dalam keadaan sedih atau putus asa. Saat melihat daftar tersebut, Anda bisa termotivasi untuk menyelesaikan apa yang telah Anda tulis.

2. Memperbaiki mood
Saat suasana hati sedang tidak enak atau dalam keadaan stres, buatlah daftar kebahagiaan yang pernah Anda alami. Misalnya saat kekasih memberikan hadiah istimewa, mendapatkan gaji pertama atau hal menyenangkan lainnya. Hal itu akan membuat mood menjadi lebih baik dan Anda lebih bersyukur atas hal-hal yang pernah dialami. Buatlah juga daftar hal-hal yang Anda syukuri.

3. Meningkatkan kerja otak
Biasakanlah untuk menuliskan tugas-tugas yang harus Anda lakukan pada selembar kertas. Jangan berusaha mengingat banyak hal dalam waktu bersamaan. “Anda hanya bisa menyimpan dalam memori Anda, sembilan hal yang berbeda dalam waktu bersamaan,” kata Lyubomirsky.

Saat berusaha mengingat banyak hal, Anda menghabiskan energi kognitif yang dimiliki. Tetapi sebaliknya, jika Anda menuliskan hal yang harus dilakukan dan bukan mengingatnya, energi kognitif tidak berkurang dan bisa digunakan untuk menganalisa daftar yang telah dibuat.

4. Mempermudah saat membuat keputusan
Saat Anda harus membuat keputusan secara cepat, dan merasa bingung karena banyak hal yang harus dipertimbangkan, daftar keinginan bisa sangat membantu. Hal itu karena skala prioritas bisa terlihat dari daftar yang telah Anda buat.

sumber: Petti Lubis, Mutia Nugraheni, VIVAnews.com


Artikel Yang Mungkin Berkaitan :

  1. Kiat Cegah Sariawan
  2. Lempuyang Atasi Radang Tenggorokan
  3. 63% Perempuan Indonesia Rentan Keropos Tulang
  4. Inilah 6 Keuntungan Menjaga Kesehatan Mulut
  5. Anda Perokok? Hati – Hati – Hati Dengan 7 Gejala Berikut!
  6. Ratusan Bakteri Ada di Kulit Anda
  7. Berpinggang 100/85 Cm Berisiko Terkena Kanker
  8. Banyak Uang? Karena Uang Anda, Akan Merusak Kesehatan dan Hubungan
  9. Enam Faktor Pemicu Sakit Jantung
  10. Cara Mengobati Penyakit Jantung Bawaan Anak Tanpa Operasi