Dapatkan info penting lainnya dari kami!

Email anda :


Share

Kabar baik buat Anda yang suka bergosip. Kegiatan mengobrol yang selalu diidentikan dengan kaum perempuan ini ternyata baik buat kesehatan. Menurut riset di Amerika Serikat, perempuan akan merasa bahagia dan sehat jika mereka menikmati obrolannya dengan sesama teman perempuannya. Kegiatan tersebut terbukti dapat mengurangi tingkat stres dan rasa cemas berlebih.

Tim ilmuwan dari University of Michigan menyebutkan bahwa mengobrol atau bergosip mampu meningkatkan hormon progesterone yang dihasilkan tubuh. Dimana hormon tersebut berperan penting bagi seseorang dalam melakukan interaksi sosial.

Menurut pemimpin penelitian, Professor Stephanie Brown, Progesteron adalah hormon yang dihasilkan dalam indung telur perempuan. Hormon ini membantu mengurangi rasa sakit saat melahirkan, melawan infeksi dan menghentikan kelebihan produksi hormon oestrogen yang diketahui dapat meningkatkan risiko penyakit kanker.

Gosip

Riset ini dilakukan dengan cara mengambil sampel air liur dari 160 responden perempuan, untuk diperiksa tingkat hormon progesteronnya dalam tubuh mereka. Setelah itu responden akan saling dipasangkan dengan sesama responden lainnya. Sebagian dari responden kemudian diberikan beberapa pertanyaan yang harus dilontarkan kepada responden lainnya agar mereka bisa saling dekat dan berinteraksi. Dua puluh menit kemudian, tim peneliti kembali mengecek tingkat hormon responden.

Hasil riset yang telah dipublikasikan dalam jurnal Hormones and Behaviour ini menunjukan bahwa responden yang terlibat percakapan dengan pasangannya menunjukan tingkat progesteron yang stabil dan bahkan cenderung meningkat. Sementara pada kelompok lain yang tidak terlibat percakapan, hormon tersebut malah terlihat menurun.

“Hasil ini dapat membantu kita dalam memahami mengapa orang-orang yang memiliki hubungan dekat dan akrab akan terlihat begitu bahagia, sehat dan hidup lebih lama dibandingkan dengan mereka yang kehidupan sosialnya terisolasi,” ungkap Prof. Stephanie.

sumber: conectique.com


Artikel Yang Mungkin Berkaitan :

  1. Mau Diet Tanpa “Tersiksa” ? Ikuti 8 Tips Berikut
  2. Tari Piring Terbukti Tunda Kepikunan
  3. Penurunan Kematian Akibat Campak di Seluruh Dunia
  4. Inilah 6 Pendapat Salah Tentang Menopause
  5. Bakteri Penyebab Kematian Tiba-tiba pada Bayi
  6. Lintah Kembali Berjasa bagi Dunia Medik
  7. Teh Hitam Ampuh Basmi Kanker
  8. Mengenali Talasemia Pembuat Anemia
  9. Meja Kerja Sarang Kuman
  10. Mengapa Terjadi Beser ?