Dapatkan info penting lainnya dari kami!

Email anda :


Share

Dalam menjalani hidup sehat, seseorang tidak harus selalu menghindari hal-hal menyenangkan dan penuh kenikmatan. Ada beberapa hal menyenangkan dalam hidup ini yang memiliki manfaat bagi kesehatan, namun tetap menawarkan kenikmatan.

Beberapa kenikmatan hidup yang memiliki manfaat bagi kesehatan seperti dikutip dari CNN, adalah sebagai berikut.

Tidur
Selama tidak berlebihan, tidur hampir tidak memiliki dampak merugikan bagi tubuh. Bahkan tidur yang cukup bisa mengurangi risiko tekanan darah tinggi, intoleransi glukosa serta penumpukan lemak di perut yang merupakan faktor risiko serangan jantung.

Berlibur
Liburan adalah waktu yang tepat untuk melepas stres, sekaligus menurunkan risiko tekanan darah tinggi dan sakit jantung. Liburan pendek yang dilakukan secara berkala memberikan manfaat yang lebih besar dibandingkan satu kali liburan dalam waktu lama sekaligus.

Berhubungan seks
Bagi yang sudah mempunyai pasangan resmi, hubungan seks secara rutin sangat ampuh merangsang hormon endorfin dan oksitosin yang bisa meredakan stres. Bukan itu saja, hubungan seks secara teratur juga merangsang aktivitas komponen daya tahan tubuh yang disebut Imunoglobulin-A (Ig-A).

Makan cokelat
Dibanding cokelat biasa, cokelat hitam lebih ampuh menurunkan tekanan darah sehingga baik untuk kesehatan jantung dan pembuluh darah. Cukup 40 gram tiap hari selama 2 pekan, cokelat hitam juga sudah bisa menurunkan hormon stres pada penderita depresi.

Hang out
Siapa sih yang tidak suka jalan-jalan, berkumpul dan bergaul dengan sahabat atau rekan-rekan? Kebiasaan nongkrong bersama tidak hanya bagus untuk kesehatan mental, tetapi juga bisa meningkatkan daya tahan tubuh dan menjaga kesehatan otak serta menjanjikan peluang umur panjang.

Makan makanan berlemak
Tentu saja bukan sembarang lemak, melainkan golongan lemak tak jenuh tunggal atau mono unsaturated seperti yang terkandung dalam minyak ikan, advocado dan biji-bijian. Lemak-lemak baik ini bisa menurunkan tekanan darah, meredakan depresi dan mencegah rheumatoid arthritis.

Minum kopi tiap pagi
Berbagai penelitian menunjukkan, kebiasaan minum secangkir kopi setiap hari bisa mengurangi risiko salah satu jenis kepikunan yakni Alzheimer. Bukan itu saja, bahkan kopi yang tidak mengandung kafein juga bisa meningkatkan sensitivitas insulin sehingga mengurangi risiko diabetes tipe-2 hingga 7 persen.

Mengunjungi panti pijat
Asal tidak ditambahi layanan yang aneh-aneh, panti pijat sebenarnya menawarkan banyak manfaat kesehatan. Menurut sebuah penelitian tahun 2008, pijat secara rutin minimal 2 kali seminggu bisa meredakan keluhan nyeri maupun perasaan gelisah dan marah-marah.

Berjemur di pagi hari
Sinar matahari pagi dibutuhkan dalam proses pembentukan vitamin D di dalam tubuh, sehingga orang yang rajin berjemur jarang mengalami masalah tulang dan persendian maupun sakit jantung. Berjemur juga bisa menekan produksi melatonin atau hormon mengantuk, sehingga tubuh menjadi lebih bugar.

Segelas anggur (wine) menjelang tidur
Manfaat yang bisa langsung diperoleh dari anggur beralkohol adalah meredakan stres, tentunya dengan catatan tidak berlebihan. Dalam jangka panjang, kandungan antioksidan dalam produk fermentasi ini bisa mengurangi risiko sakit jantung dan menangkal berbagai senyawa radikal bebas pemicu kanker sakit.

sumber: detik.com


Artikel Yang Mungkin Berkaitan :

  1. Cegah Halitosis
  2. Teh Hitam Ampuh Basmi Kanker
  3. 5 Tips Aman, Cara Konsumsi Air Setiap Hari
  4. Ratusan Bakteri Ada di Kulit Anda
  5. Epilepsi Tingkatkan Risiko Bunuh Diri
  6. Manfaat Olahraga Bagi Kehidupan Seks
  7. Mengenali Demensia Alzheimer
  8. Kenali Selulite pada Kulit Indah Anda
  9. Atasi Stroke dengan Cabai
  10. Inilah 5 Kebiasaan Sehat Anjing yang Bisa Ditiru