Dapatkan info penting lainnya dari kami!

Email anda :


Inilah 10 Tips Hidup Sehat Yang Harus Di Terapkan Ke Anak. anak yang cerdas dan sehat merupakan dambaan bagi semua orang tua. Ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan agar anak terhindar dari masalah kesehatan saat ia beranjak dewasa nanti. Seperti yang dikutip dari Eufic.org, berikut adalah beberapa tipsnya:

1. Nikmatilah makananmu. Buatlah agar anak Anda untuk menyukai makanan yang disediakan, jangan membiasakan menuruti makanan yang diminta si kecil. Meskipun hal tersebut merupakan bentuk kasi saying, namun Anda harus memiliki aturan tersendiri dalam soal makanan yang dikonsumsinya.

2. Bermain itu tidak harus dengan video game. Ada banyak kegiatan menyenangkan yang bisa Anda ajarkan kepada anak. Bukan hanya menyenangkan, namun juga membuat tubuh mereka tidak dimanjakan dengan hanya menonton video game seharian. Ajari anak untuk bersosialisasi dengan lingkungannya, dengan demikian selain sehat, anak juga bisa belajar untuk berbagi.

3. Sarapan merupakan hal penting. Jangan kalah dengan alasan mengantuk yang sering dilontarkan oleh anak. Sebisa mungkin bujuk anak untuk menikmati santap pagi mereka. Hal tersebut dimaksudkan agar anak tetap bugar hingga santap siang tiba.

4. Menu yang variatif itu menyenangkan. Anak memang cenderung mengonsumsi itu-itu saja jika makanan tersebut menjadi favoritnya. Sebaiknya, kenalkan makanan yang lebih bervariasi. Ciptakan suguhan yang menarik perhatian mereka.

5. Karbohidrat juga perlu. Sekitar setengah kalori dalam diet Anda harus berasal dari makanan karbohidrat, seperti sereal, beras, pasta kentang dan roti. Penuhi asupan karbohidrat pada makanan anak Anda.

6. Makan buah dan sayur juga menyenangkan. Buatlah kreasi yang membuat anak untuk mau menyantap sayur serta buah. Diperlukan kreativitas sang ibu agar nutrisi buah dan sayur mereka tercukupi. Anda bisa mencampur sayuran dalam sepiring adonan omelet atau smoothie yang menyegarkan.

7. Terlalu banyak lemak itu tidak baik. Terlalu banyak lemak yang tidak baik untuk kesehatan anak Anda. Mengonsumsi makanan berlemak seperti kentang goreng, daging goreng, sosis, dan kue-kue terlalu banyak tidak dianjurkan. Untuk itu buatlah peraturan kapan mereka bisa mengonsumsinya.

8. Serangan Snack! Makanlah secara teratur dan memilih berbagai makanan ringan. Sebagai orang tua, Anda wajib memilah mana camilan yang menyehatkan dan yang tidak. Meskipun tidak harus berbahan baku sayur dan buah, usahakan camilan yang dipilih tidak mengandung banyak pemanis dan juga pengawet.

9. Pastikan agar anak tetap mencukupi konsumsi air putih yang cukup. Sajikan air putih di botol yang disukai anak.

10. Jangan malas untuk mengecek kesehatan gigi anak. Meskipun mereka malas untuk menggosok gigi, Anda harus tetap membujuknya agar kesehatan gigi dan mulut anak tetap terjaga.

sumber: mediaindonesia.com