Dapatkan info penting lainnya dari kami!

Email anda :


Inilah 7 Fakta Sehat Air Putih. Meskipun banyak orang yang kurang menyukai air putih, nyatanya mengonsumsi air putih yang cukup akan selalu memberikan manfaat yang banyak bagi kesehatan. Salah satunya, air putih akan membantu meningkatkan metabolisme yang mempengaruhi cara tubuh menangani produksi energi dan penyimpanan lemak.

Tidak hanya sampai di situ, Sheela Krishnaswarmy, konsultan diet dan kesehatan, memaparkan tujuh fakta kesehatan tentang air putih, seperti yang dikutip dari Timesofindia.

1. Kebutuhan air putih setiap orang berbeda. Umumnya banyak orang menyarankan untuk minum sedikitnya delapan gelas per hari. Namun itu bisa saja kurang atau bahkan berlebih. Sebagai patokan, 30 ml air per kilogram berat badan akan mencukupi kebutuhan normal orang dewasa sehat. Selain itu, bukan hanya berat badan untuk menentukan asupan air putih. Faktor lainnya seperti, iklim, penyakit, usia, rasa haus, aktivitas fisik, dan sebagainya. Sebagai contoh, olahragawan akan membutuhkan lebih banyak konsumsi air daripada pekerja kantoran.

2. Air merupakan bagian dari sel tubuh dan harus selalu dijaga kecukupannya. Selain untuk kecukupan cairan dalam tubuh, minum air juga akan membantu membuang racun dalam tubuh melalui feses, urine, dan juga keringat.

3. Air dapat membantu mencegah sulitnya buang air besar dengan menjadikan feses lebih lunak sehingga mudah untuk dibuang dari usus.

4. Air juga berguna untuk mencegah infeksi saluran kemih, mencegah terjadinya keriput dengan membuat kulit tetap lembap dan mencegah infeksi.

5. Mengonsumsi air putih secara cukup berguna untuk mencegah alergi dengan menjaga selaput lendir, tenggorokan, hidung dan mata tetap lembab.

6. Jika Anda tengah menjalankan program diet, konsumsilah air putih sebelum makan. Meminum air putih sebelum makan mampu menekan nafsu makan, sehingga Anda akan makan dengan porsi mini.

7. Jika Anda kurang manyukai air putih. Anda bisa mencampurnya dengan perasan lemon untuk menambahakan rasa dan juga aroma.

sumber: mediaindonesia.com