Dapatkan info penting lainnya dari kami!

Email anda :


Share

GINJAL merupakan organ penting bagi tubuh dengan fungsi utama sebagai penyaring (pencuci darah) dan melaksanakan fungsi ereksi (membuang zat-zat yang tidak berguna). Melalui peringatan hari ginjal sedunia yang jatuh pada tanggal (8/3), yuk kenali lebih dekat tentang ginjal itu sendiri.

Organ yang satu ini berfungsi untuk menjaga keseimbangan air serta keasaman darah dan juga elektrolit. Dalam keadaan normal jika kelebihan cairan maka akan diproduksi lebih banyak urine, sebaliknya jika cairan berkurang maka jumlah urine akan menurun.

Sebagai organ penghasil hormon erithropoitin yang berperan untuk pembentukan sel darah merah, ternyata kerusakan pada ginjal tidak hanya berdiri sendiri. Menurut Ari Fahrial Syam, Ketua Bidang Advokasi PB PAPDI (Perhimpunan Dokter Spesialis Penyakit Dalam Indonesia), secara umum kerusakan yang terjadi pada ginjal merupakan dampak dari penyakit lain seperti penyakit kencing manis, hipertensi, penyakit asam urat tinggi, penyakit outoimun seperti penyakit lupus.

Bagi Syam, jika kerusakan pada ginjal dibiarkan maka akan berlanjut menjadi kronis seperti infeksi saluran kencing, batu ginjal (polikistik ginjal), atau sumbatan pada saluran ginjal. Pada awal pengrusakan ginjal tidak terlihat gangguan maupun gejala. Untuk itu dibutuhkan pemeriksaan urine dan USG abdomen untuk mendeteksi adanya batu ginjal atau pembengkakan ginjal karena adanya sumbatan pada saluran ginjal atau ureter.

Untuk terhindar dari gangguan pada ginjal, pola hidup sehat adalah kuncinya. Menurut Syam ada beberapa yang perlu diperhatikan antara lain tidak mengkonsumsi obat-obatan secara rutin tanpa petunjuk dari dokter, mencukupi asupan air mineral sebanyak 8-10 gelas perhari, tidak menahan buang air kecil dalam waktu yang lama, dan juga mewaspadai setiap gangguan ketika buang air kecil seperti rasa sakit dan seringnya buang air kecil. Perhatikan hal tersebut, sehingga ginjal Anda. akan kian sehat dan berfungsi dengan baik.

sumber: mediaindonesia.com


Artikel Yang Mungkin Berkaitan :

  1. Sejarah Kereta Api di Indonesia
  2. 7 Peti Mati (7 Deadly Bins)
  3. 9 Tanda Pria Psikopat
  4. Kenapa Pria Juga Ikut Ngidam?
  5. Ecurrency dan Exchanger? Forex Trading
  6. Menimbang Teori Manslow dari Sisi Lain
  7. Femtocell : Teknologi BTS 3G/HSDPA Terbaru, Sinyal Lebih Kuat
  8. Berisiko Kanker, Bagi Pekerja Pemakaman
  9. Water Birth. Ketahui Manfaat & Resikonya
  10. Anda Perempuan Berpinggang Lebar, Siap-Siaplah Pikun di Hari Tua