Dapatkan info penting lainnya dari kami!

Email anda :


Share

Banyak perokok yang mengaku sulit untuk berhenti dari kebiasaan buruknya ini. Tapi coba pikirkan kembali, karena ada banyak manfaat yang bisa didapat jika berhasil menendang kebiasaan merokok.

Jika seseorang berhasil menghentikan kebiasaannya merokok maka ada 2 manfaat yang sudah pasti di dapatnya yaitu meningkatkan kesehatan dan uang yang dimilikinya akan bertambah. Tapi selain itu ada manfaat lain yang bisa didapatkan.

Berikut ini 6 manfaat mengejutkan yang didapat jika berhasil berhenti merokok, seperti dikutip dari Mirror.co.uk, Kamis  yaitu:

1. Meningkatkan kemampuan otak, ia akan memiliki kemampuan penalaran yang lebih baik dan memori meningkat.

2. Membantu Anda terlihat lebih muda, karena rokok bisa membuat kulit lebih cepat tua hingga 20 tahun dan 4 kali lebih mungkin menimbulkan uban.

3. Meningkatkan kesuburan, studi menemukan rokok bisa mengurangi kesempatan seorang perempuan untuk hamil hingga 30 persen.

4. Memperindah senyum, karena rokok diketahui bisa menyebabkan penyakit gusi, noda di gigi dan bau mulut.
5. Melindungi penglihatan, studi menemukan rokok meningkatkan risiko macular degeneration hingga 2 kali lipat yang bisa menyebabkan kebutaan.

6. Membuat anak-anak Anda lebih bahagia, sekitar 98 persen anak yang orangtuanya merokok berharap mereka bisa menghentikan kebiasaannya itu.

Selain manfaat tersebut, tubuh juga akan merasakan perbedaan yang berarti beberapa menit setelah seseorang berhenti merokok seperti:

  1. Setelah 20 menit tekanan darah dan denyut nadi kembali normal
  2. Setelah 8 jam oksigen di dalam darah kembali normal
  3. Setelah 24 jam paru-paru mulai membersihkan tumpukan tar
  4. Setelah 48 jam kemampuan indera perasa dan bau akan sangat meningkat
  5. Setelah 72 jam seseorang akan bernapas lebih mudah, tabung bronchial menjadi rileks dan meningkatkan energi
  6. Setelah 2-12 minggu orang bisa berjalan dan lari lebih jauh, setelah 3-9 bulan paru-paru memiliki ruang untuk oksigen yang 10 persen lebih banyak
  7. Setelah 1 tahun risiko serangan jantung akan berkurang setengahnya, setelah 10 tahun risiko kanker paru berkurang setengahnya dan setelah 15 tahun risiko serangan jantung sama seperti non-perokok.

Ketika berusaha untuk berhenti merokok, satu hal yang harus diingat adalah jangan mudah menyerah dan putus asa. Jika pernah gagal berhenti dan kembali merokok, maka coba lagi untuk berhenti.

Untuk mempertahankan kebiasaan berhenti merokok cobalah melakukan sebuah hobi baru yang bisa membuat pikiran jauh dari rokok seperti bersepeda atau melukis, serta usahakan untuk tetap sibuk melakukan pekerjaan, pilihlah teman yang bisa mendukung dan ambil waktu sekitar 5 menit setiap harinya untuk mencaritahu berapa uang yang sudah dihemat dari berhenti merokok.

sumber: detik.com


Artikel Yang Mungkin Berkaitan :

  1. 7 Hal Yang Menyebabkan Nafsu Makan Anda Berkurang
  2. Cegah Sepuluh Jenis Kanker
  3. Inilah 16 Fakta Gangguan Pendengaran
  4. Abses Gusi
  5. Kerja Shift Malam Rentan Terkena Kanker
  6. Teh Cegah Gigi Berlubang
  7. Tetap Sehat Meski Merokok
  8. Benarkah Minuman Energi Selalu Berenergi?
  9. Terapi Enam Gelas Air
  10. Apa Semua Antibiotika Hanya Untuk Diminum?