Dapatkan info penting lainnya dari kami!

Email anda :


Resep Masakan dan Lifestyle – Ketika Anda mulai terbiasa berolahraga, segalanya memang menjadi menyenangkan. Tubuh jadi lebih bugar, dan Anda jadi lebih bersemangat. Namun hanya karena Anda begitu bersemangat, jangan lantas melakukan kebiasaan-kebiasaan ini menjelang olahraga. Kesalahan yang Anda lakukan bisa membuat sesi latihan jadi lebih sulit atau lebih berat.

* Tidak makan dulu. Jika Anda terbiasa berolahraga pagi hari, usahakan mengisi perut lebih dulu sebagai energi. Kalau tidak ada cadangan energi, bisa-bisa olahraga yang Anda lakukan justru membakar otot-otot yang sebelumnya susah payah Anda latih.

* Terlalu banyak mengonsumsi serat. Buah-buahan seperti apel atau pir mungkin bisa menjadi kudapan yang sehat, tapi kandungan gas dan seratnya yang tinggi bisa menyebabkan perut kembung. Pilih kudapan yang mengandung karbohidrat dan protein untuk memberikan energi tanpa mengganggu kondisi perut (Baca: 7 Makanan Pemulih Energi Setelah Olahraga).

* Minum energi drink. Minuman berenergi umumnya mengandung banyak gula. Akibatnya, terjadi lonjakan gula darah dan kemudian menurun secara dramatis di tengah-tengah latihan. Hal ini bisa membuat tubuh lemas. Lebih baik Anda menyesap kopi atau teh hijau karena kafein juga berfungsi meningkatkan energi.

* Terlalu banyak makan. Misalnya Anda baru makan siang, lalu langsung berolahraga di gym. Perut Anda pasti terasa tak nyaman selama berlatih. Selain itu, tubuh akan menggunakan energi untuk memecah makanan, membuat Anda merasa terlalu lamban. Sebaiknya, Anda mengonsumsi kudapan ringan 30 menit sebelum olahraga, kemudian baru makan siang setelah setelah olahraga.

* Langsung berolahraga. Memang sulit menemukan waktu untuk olahraga di sela-sela kesibukan kita. Namun, begitu mendapat kesempatan untuk olahraga, sebaiknya jangan langsung berlatih dan berusaha menyelesaikannya secepat mungkin. Jangan lupa untuk melakukan pemanasan, misalnya lima menit berjalan di atas treadmill, atau lakukan gerakan-gerakan pemanasan seperti biasa.

Sumber: FitSugar