Dapatkan info penting lainnya dari kami!

Email anda :


Share

Apel segar atau jus apel sama-sama menyehatkan. Tapi menurut penelitian yang dilakukan oleh The National Heart and Lung Institute, jus apel ternyata memiliki manfaat lebih untuk menjaga kesehatan paru-paru. “Hal ini karena kandungan antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas,” demikian tulis European Respiratory Journal beberapa waktu lalu.

Penelitian yang melibatkan responden anak-anak berusia 5-10 tahun di daerah sekitar Greenwich, London ini juga mengungkapkan bahwa kesehatan paru-paru dan asma seorang anak akan lebih besar diderita jika anak tersebut mengalami gangguan dalam pernafasan seperti bunyi mendecit. Para peneliti meminta para orangtua untuk memberikan keterangan tentang asupan buah yang dikonsumsi anak-anak mereka dan gejala-gejala penyakit yang diidap oleh anak mereka.

Hasilnya, ternyata anak-anak yang mengonsumsi jus apel sehari sekali memiliki kecenderungan lebih kecil terkena ganguan pernafasan dibanding mereka yang hanya mengonsumsi jus apel sebulan sekali atau makan buah apel. “Jus apel yang dikonsumsi pun tidak harus dari jus apel segar, tapi bisa juga dari jus apel yang sudah dalam kemasan, ” demikian ujar Dr. Peter Burney, ketua dari penelitian tersebut

Menurut Dr. Peter Burney, kandungan yang dinamakan phytochemicals pada apel seperti flavanoids dan phenolic acids-lah yang berjasa dalam mengurangi peradangan pada saluran pernafasan sehingga seorang anak terhindar dari gangguan pernafasan dan asma. Hasil penelitian ini juga mengungkapkan bahwa perempuan yang mengonsumsi banyak buah apel saat hamil memberikan proteksi lebih besar pada bayi yang masih dalam kandungan terhadap penyakit asma di kemudian hari. “Ada beberapa bukti yang memang menjelaskan diet sehat anti oksidan dan mengonsumsi banyak vitamin baik untuk mencegah asma,” ujar Dr. Mike Thomas, peneliti Asma dari Universitas Aberdeen, Inggris.

Jawaban


Artikel Yang Mungkin Berkaitan :

  1. Akupuntur dan program bayi tabung (fertilisasi in vitro)
  2. Penyembuhan Kanker dengan Tanaman Keladi Tikus
  3. Sakit Gusi Pertanda Awal Kanker?
  4. 17 Hal Unik Tentang Penis
  5. Cara Praktis Deteksi Kanker Leher Rahim
  6. Miastenia Gravis (Myasthenia Gravis/MG), Penyakit Langka!
  7. Ternyata Sperma Bergerak Seperti Ini Lho
  8. Cara Agar Dompet Hilang Bisa Kembali
  9. Penting : Jangan Tidur Pake Underwear!
  10. Terungkap, Inilah Penyebab Sulit Tidur Malam