Dapatkan info penting lainnya dari kami!

Email anda :


Share

Mengkonsumsi jus buah adalah cara untuk membersihkan dan memulihkan sistem tubuh. Dengan cara ini, tubuh lebih mudah mencerna sari buah atau sayuran tersebut. Dalam bentuk jus pula, buah yang dikonsumsi bisa jauh lebih banyak dan bisa dikonsumsi dengan waktu yang relatif lebih cepat.

Tapi apakah artinya, jus buah itu lebih baik? Ternyata tidak juga. Makan buah potong ternyata sama baiknya. Malahan hasil serat yang diperlukan oleh tubuh akan lebih banyak diperoleh jika buah tersebut dikunyah terlebih dahulu. Kadang jika jus dibuat terlalu encer, enzim pencernaan tidak terpicu dengan baik untuk melakukan tugasnya.

Karena itu, jika anda suka memakan buah tanpa dijus, teruskan saja kebiasaan itu, dengan beberapa hal yang harus dicermati:

  • Pilihlah buah yang matang sempurna (tidak mentah atau terlalu matang) sebelum dijadikan buah potong.
  • Habiskan buah potong anda pelan-pelan, jangan langsung makan banyak dalam jangka waktu cepat. Dengan begitu anda memberi kesempatan tubuh untuk mencernanya dengan sempurna.
  • Makanlah buah potong 1 jam sebelum makan atau 1 jam sesudah makan.
  • Tidak semua buah disarankan dijadikan kudapan buah potong. Walaupun sehat, mengudap pisang dan alpukat sebaiknya dibatasi, karena kalorinya cukup tinggi. Durian, nangka, dan cempedak juga termasuk buah yang banyak mengandung kalori sehingga disarankan tidak dijadikan kudapan.

Tapi bagi anda yang suka mengkonsumsi jus buah, ada beberapa hal juga yang harus dicermati:

  • Dalam membuat jus buah atau jus sayuran, tidak dianjurkan untuk memblender terlalu halus. Sebaiknya justru agak kasar agar maksimal fungsinya bagi tubuh.
  • Konsumsi jus buah harus disesuaikan dengan keadaan tubuh. Contoh: orang yang menderita gangguan metabolisme tidak dianjurkan mengkonsumsi jus jeruk dan jus tomat karena keduanya memiliki pengaruh sangat besar dalam mengasamkan pH darah, sehingga akan mengganggu keseimbangan asam basa tubuh, yang selanjutnya akan mengganggu proses detoksifikasi alami yang ada.
  • Konsumsi jus terbaik adalah segeran diminum setelah dibuat, tidak ditunggu atau dibiarkan terlalu lama, karena akan terjadi proses oksidasi yang bisa memecah dan merusak kandungan enzim dan vitamin didalamnya.
  • Harus mengetahui jumlah jus buah yang baik bagi tubuh. Contohnya, jus apel aman diminum satu gelas bahkan lebih, sedang jus mengkudu hanya setengah sloki saja.

Jadi ternyata, baik jus buah maupun buah potong memiliki kebaikannya masing-masing. Kini tergantung selera penikmatnya, yaitu anda. Have a fruity day!

Info Sehat


Artikel Yang Mungkin Berkaitan :

  1. Sering Ciuman Bisa Menurunkan Berat Badan
  2. Ketidaksuburan Pasutri, 40% Dari Faktor Suami
  3. Masuk Angin Bisa Berujung Maut
  4. Mengenal Migrain dan Faktor Pencetusnya
  5. Wanita Paling Stres Umur 27 Dan Paling Menarik Di Umur 31
  6. Cara Hacker curi data Kartu Kredit
  7. Inilah 8 Mitos Tentang Seputar AIDS
  8. Ketahui Tentang Seputar Gangguan Seksual
  9. Mengenal Transgender?
  10. Inilah 5 Anggapan Salah tentang Kartu Kredit