Dapatkan info penting lainnya dari kami!

Email anda :


Share

Deteksi dini adanya kanker dalam tubuh bisa dilakukan dengan tes darah, atau yang dikenal sebagai tumor marker/ penanda tumor. Cara ini bisa menjadi alternatif pilihan untuk mendeteksi adanya kanker dalam tubuh, selain papsmear dan biopsi.

“Biayanya memang lebih mahal, sekitar Rp 200-500 ribu per item,” kata Kepala Unit Executive Health Check-up Rumah Sakit Pondok Indah, dr Yuliana, saat ditemui di kantornya, Kamis 21 Januari 2010.

Penanda tumor merupakan subtansi yang biasa ditemukan dalam tubuh akibat kanker. Penanda tumor diproduksi langsung oleh sel–sel kanker sebagai respons terhadap adanya kanker atau kondisi lain.
Mayoritas penanda tumor berupa protein, yang biasanya ditemukan dalam darah atau urine.

Namun, penanda tumor bukan satu-satunya variabel petunjuk adanya tumor. Pasien yang diketahui memiliki penanda tumor perlu melakukan pemeriksaan penunjang seperti USG atau tes radiologi. “Standarnya, memang perlu tetap ada pemeriksan penunjang baik dengan wawancara atau dengan USG dan radiologi. Ini untuk memastikan apakah hasilnya benar-benar positif,” ujarnya.

Selain itu, tim medis juga perlu melihat variabel lain seperti berat badan pasien yang memiliki penanda tumor. “Kami juga tetap harus melakukan pengecekan lain, seperti apa ada penurunan berat badan yang drastis. Jika memang ada, berarti benar ada keganasan,” katanya.

Ada beberapa macam penanda tumor. Beberapa di antaranya sangat spesifik sehingga dapat membantu mendeteksi jenis kanker dengan cepat. Seperti Alpha Fetoproteiin (AFP) yang merupakan penanda adanya kanker hati, atau CA 15-3 yang merupakan penanda kanker payudara.

sumber: VIVAnews.com, Pipiet Tri Noorastuti, Lutfi Dwi Puji Astuti


Artikel Yang Mungkin Berkaitan :

  1. Teh Chamomile Cegah Kram Menstruasi
  2. Sakit Kepala? Inilah Pertolongan Pertamanya, Pijat Di 4 Titik Berikut
  3. Diet Tepat Cegah Anemia
  4. Ring Tone Memperbesar Payudara
  5. Pendarahan Vagina bag. 5
  6. Konsumsi Vitamin Berlebihan Tak Baik Bagi Tubuh
  7. Bahaya Tambahan Perokok Pasif
  8. 7 Tips Agar Tehindar Dari Kanker Rahim
  9. Hati – Hati! Ternyata Darah Rendah Lebih Berbahaya Dari Hipertensi
  10. Kanker Payudara Triple Negative Memiliki 50 Mutasi