Dapatkan info penting lainnya dari kami!

Email anda :


Share

Pasangan John Travolta dan Kelly Preston sedang bahagia-bahagianya saat ini. Setelah kehilangan putra sulung mereka, Jett, 17 bulan lalu. Hal ini cukup mengejutkan, karena usia Kelly saat ini sudah 47 tahun.

Kecuali Anda masih begitu fit, atau Anda mampu menjalani prosedur fertilisasi in vitro, kemungkinan untuk memiliki anak di usia tersebut tentu sangat jauh berkurang. Namun bila Anda masih berharap, jangan khawatir. Sebuah tes darah kini dapat dilakukan untuk memprediksi kapan seorang perempuan tidak mampu lagi untuk memiliki anak.

Tes yang cukup sederhana ini akan mengukur kadar hormon yang diproduksi oleh indung telur, dan akan mampu menginformasikan apakah kita masih subur atau tidak, bahkan pada perempuan di usia 20 tahunan. Perempuan yang mengalami menopause lebih awal daripada yang lain juga bisa mulai memprogram kehamilan, atau membekukan sel telurnya untuk dibuahi pada saat diinginkan.

Menopause biasanya terjadi pada usia 51 tahun, namun kira-kira 15 persen perempuan juga mengalaminya di bawah usia 45 tahun. Di Inggris, sekitar 110.000 perempuan di usia 30-an bahkan sudah memasuki pra menopause.

“Hasil kami menunjukkan bahwa penanda anti-Mullerian hormone (AMH) yang baru bisa memprediksi secara tepat usia menopause, bahkan pada perempuan muda,” ujar Dr Fahimeh Ramezani Tehrani, pemimpin studi yang didukung oleh WHO ini.

Sejak dulu, para ahli meyakini bahwa perubahan tingkat hormon ini ada hubungannya dengan menopause. Tes darah ini akhirnya mampu memberikan data pendukung yang cukup untuk itu. Dengan mengumpulkan informasi jumlah responden yang besar, Tehrani yakin ia sudah menciptakan persamaan matematis yang akan memprediksi kapan seorang perempuan akan memasuki masa menopause itu.

Sayangnya, tes darah ini baru akan dijual dalam tiga tahun ke depan.

Sumber: Marie Claire, kompas.com


Artikel Yang Mungkin Berkaitan :

  1. Kurangi Risiko Kanker Dengan Cabai
  2. Inilah 7 Hal yang Bisa Merusak Kualitas Sperma Anda
  3. Hati-hati, Plastik Juga Berbahaya
  4. Makan Apel=Sikat Gigi?
  5. Inilah 10 Pekerjaan Terburuk untuk Paru-paru Anda
  6. Inilah 4 Tips Agar Anak Tidak Dehidrasi Saat Berpuasa
  7. Kenali Antibiotik Anda
  8. Berikut Tipe – Tipe Autisme
  9. Minyak Zaitun Bisa Mencegah dan Mengobati Stroke
  10. Cara Mudah Mengenali Makanan & Minuman Berbahaya