Dapatkan info penting lainnya dari kami!

Email anda :


Kenapa Anak Anda Sering Sakit? Inilah Penyebabnya. Bagaimana perasaan orang tua bila melihat anaknya sakit? Pasti lebih merasa khawatir dari pada dirinya sendiri yang sakit.

Hal ini tidak dapat dipungkiri dan menjadi fakta bahwa anak terlebih dengan usia di bawah lima tahun, sering kali terserang penyakit, mulai dari hanya sekadar batuk pilek atau sampai pada infeksi lainnya.

Lantas, apa yang menjadi faktor penyeban sang buah hati tercinta Anda mudah terserang penyakit?

Daya tahan tubuh yang rendah, yang menyebabkan sang buah hati rentan tertular penyakit. Faktor lingkungan, biasanya faktor lingkungan ini berkaitan dengan daya tahan tubuh diatas, bila di sekitarnya ada yang sakit, dan daya tubuh sedang menurun, anak dapat dengan mudah tertular penyakit.

Untuk anak anak yang sudah bersekolah, seringkali, ada orang tua tetap memaksakan anaknya masuk sekolah meskipun dalam kondisi yang sakit, alasannya si anak cuma batuk pilek saja dan takut ketinggalan pelajaran.

Kondisi ini sebenarnya sangat tidak baik, karena selain si anak tidak dapat berkonsentrasi dengan baik saat belajar juga dapat menularkan penyakit kepada anak anak yang lain, terlebih bila kelas tertutup dan ber-AC.

Nah, sebagai orangtua, ada beberapa langkah cerdas yang bisa dilakukan untuk mencegah anak cepat terserang penyakit, diantaranya Menjaga asupan makanan anak.

Memberikan makanan bergizi termasuk buah dan sayur lebih penting dalam upaya menjaga daya tahan tubuh daripada memberikan berbotol-botol vitamin ataupun suplement yang katanya dapat meningkatkan daya tahan tubuh.

Memperhatikan jenis makanan si buah hati, terutama untuk anak yang sudah sekolah, sebaiknya membawa bekal makanan dari rumah dari pada memberinya uang jajan.

Karena kita tidak dapat menjamin jajanan di sekolah sehat atau tidak. Bahkan hasil sidak yang dilakukan pihak BPOM di sebuah sekolah SD, terbukti hampir semua jajanan yang ada di sekolah itu mengandung bahan pewarna dan pengawet yang berbahaya.

Anak yang memiliki riwayat alergi, sebisa mungkin menghindari pencetus alerginya. Sedangkananak yang menderita asma, yang biasanya juga alergi, selain menghindari pencetus alerginya, kita juga harus menjaga si anak agar tidak melakukan aktivitas berlebihan.

Terakhir, bila si buah hati sakit, tentu orang tua akan berkurang waktu tidurnya karena harus menjaga si kecil. Hal ini pun dapat membuat daya tahan tubuh orangtua menurun dan rentan terkena penyakit.

Sebisa mungkin orangtua juga tetap menjaga kondisi tubuh dengan makan makanan bergizi dan sebisa mungkin mencuri waktu untuk beristirahat.

sumber: inilah