Dapatkan info penting lainnya dari kami!

Email anda :


Share

Memang varises atau urat-urat halus yang muncul di kulit bagian paha perempuan seringkali membuat kepercayaan diri menjadi menurun. Ternyata varises tidak hanya dialami oleh kaum perempuan saja, tetapi juga para lelaki dan biasanya akan muncul pada wajah. Tetapi biasanya lebih banyak menyerang kaum perempuan karena hormon-hormon yang dimiliki mereka. Kehamilan dan berdiri terlalu lama ikut andil menyebabkan urat-urat halus ini terlihat pada permukaan kulit.

Urat-urat halus ini merupakan pembuluh yang pecah, yakni pembuluh darah dengan diameter kurang dari 2 mm. Warnanya kebiruan, ungu, atau kemerahan dan seringkali membentuk jaringan seperti sarang laba-laba di bawah permukaan kulit.

Munculnya urat-urat halus pada hidung atau pipi yang sering dijumpai pada orang yang memiliki kulit warna terang disebabkan oleh sengatan sinar matahari secara berlebihan. Apalagi varises muncul pada wajah, pasti akan membuat anda jadi kurang percaya diri. Tapi varises tidak berbahaya karena pelebaran pembuluh darah hanya menimbulkan masalah dengan penampilan saja. Jadi urat-urat halus ini bukan tanda atau gejala dari suatu penyakit.

Penyebab sesungguhnya dari pelebaran suatu vena belum diketahui. Di antara faktor resiko terhadap varises, kehamilan merupakan faktor pertama, karena tekanan dalam perut yang meninggi atau tekanan langsung pada vena dalam panggul akan menyebabkan aliran vena dari tungkai akan terganggu.

Tekanan vena akan meninggi, volume darah akan bertambah, sehingga vena akan melebar. Sebagian besar akan mengecil lagi setelah melahirkan. Pada kehamilan yang berulang-ulang, satu waktu tekanan dalam vena dapat melebihi kekuatan elastisitas dindingnya dan terbentuklah varises.

Gejala yang sering ditimbulkan akibat varises ini antara lain rasa nyeri pada tungkai, terlihat pembuluh darah vena yang melebar dan sedikit pembengkakan pada daerah pergelangan kaki.

Untuk mencegah terjadinya varises pada tungkai, sebaiknya anda simak beberapa langkah berikut ini. Yang pertama adalah berolahraga dengan berjalan kaki secara teratur. Hal ini dilakukan untuk memperkuat kaki dan pembuluh darah vena yang ada di tungkai.

Hindari menyilangkan kaki saat duduk, jaga berat badan anda agar tetap ideal, gunakan kaus kaki yang elastis atau stocking yang mampu menyokong bagian tungkai dengan baik.

Tinggikan posisi tungkai saat beristirahat dan hindari berdiri terlalu lama. Jika karena suatu keadaan mengharuskan anda berdiri lama, topanglah berat badan dari satu kaki ke kaki lain setiap beberapa menit sekali.

Jangan mengenakan celana atau pakaian dalam yang ketat sehingga akan menekan vena pada daerah pinggang, pangkal paha atau tungkai. Ini dapat menyebabkan aliran balik dari pembuluh darah vena, menjadi terhambat.

Konsumsi makanan berserat tinggi seperti sereal, sayur dan buah karena sembelit dapat membantu terjadinya varises.

Saat sedang mengendarai kendaraan dalam waktu lama, berhentilah setiap 45 menit untuk melancarkan aliran darah tungkai dengan berjalan kaki sejenak. Jadi kalau anda ingin mencegah varises, mulailah menjaga kesehatan tubuh agar urat-urat halus itu tidak hinggap di kulit anda. Semoga berhasil.

perempuan.comĀ 


Artikel Yang Mungkin Berkaitan :

  1. Turunkan Berat Badan Tanpa Olah Raga? Ikuti 5 Cara Berikut Ini
  2. Jenis-Jenis “Ketakutan” Manusia / Nama – Nama Phopbia
  3. Suasana Hati Bisa Membuat Gemuk
  4. Waspada! Zat Pewarna Soda Memicu Kanker?
  5. Cara Mudah Memutihkan Gigi
  6. 8 Tips Untuk Tetap Langsing
  7. Siapa Rawan Kena Penyakit Jantung?
  8. Bahaya Makan Telur Mentah
  9. Cegah Kanker Dengan Buah Dari Surga
  10. Sangat Baik untuk Kontrol Lemak : Ketupat Beras Merah