Dapatkan info penting lainnya dari kami!

Email anda :


Share

Mungkin Anda sudah mengenal pemeriksaan kesehatan berdasarkan darah, urin, ataupun feses. Namun tahukah Anda, kuku jari yang merupakan salah satu bagian yang banyak menjadi perhatian wanita dengan manicure dan pedicure juga bisa menjadi petunjuk apakah Anda sehat atau tidak.

Bahan pembentuk dari kuku manusia adalah keratin protein yang banyak mengandung sulfur. Kuku juga merupakan bagian terkeras dari tubuh karena kandungan airnya yang sangat sedikit. Fungsi utama kuku adalah untuk melindungi ujung jari yang lembut dimana ujung syaraf-syaraf berada. Sedangkan kulit ari pada pangkal kuku berfungsi untuk melindung dari kotoran.

Jika kuku Anda bewarna kemerah-merahan, ini disebabkan karena bagian kulit dibawah kuku terdapat banyak pembuluh kapiler yang kaya akan suplai darah. Namun berbagai keadaan bisa menyebabkan perubahan warna dan tekstur kuku, diantaranya :

  1. Cedera karena kejatuhan benda keras yang mengenai kuku jari. Hal ini bisa menyebabkan darah bergumpal di bawah kuku sehingga kuku tampak bewarna kehitaman.
  2. Cedera yang membentuk bintik atau garis putih pada kuku.
  3. Pemakaian sabun yang berlebihan. Beberapa jenis bahan kimia atau obat-obatan bisa menyebabkan kuku menjadi berbayang-bayang hitam, abu-abu, kuning atau coklat.
  4. Perubahan warna kuku juga bisa kerena infeksi jamur

Deteksi Penyakit Lewat Warna Kuku

Diagnosa penyakit lewat kuku sebenarnya sudah dilakukan banyak orang sejak zaman Hippocrates. Berikut ini beberapa perubahan warna kuku sebagai pertanda suatu penyakit :

  1. Pangkal kuku membiru : menandakan kurang beresnya sirkulasi darah dan merupakan gejala penyakit jantung.
  2. Separuh bagian pada ujung kuku berwarna merah muda atau coklat sementara kulit ari berwarna putih : menandakan penyakit gagal ginjal.
  3. Kuku terlihat kusam dan terdapat kerutan horizontal : menandakan kekurangan gizi, gejala suatu penyakit campak, cacar air, gondok, jantung serta sindrom Reynaud (kejang pada urat jari tangan/kaki diakibatkan sangat kedinginan).
  4. Lapisan merah membujur pada kuku : menandakan perdarahan pada pembuluh kapiler, bila terdapat garis ganda merupakan gejala penyakit darah tinggi (hypertensi).
  5. Kuku bewarna kekuning-kuningan : menandakan penyakit pernapasan seperti bronkitis kronis atau bentuk pembengkakan di tangan (lymphedema).
  6. Kuku bewarna kekuning-kuningan disertai dengan pertumbuhannya lambat, tebal dan mengeras : menandakan gangguan getah bening atau penyakit pencernaan kronis.
  7. Kuku yang berwarna kehitaman : bisa jadi menandakan kanker kulit, karena itu harus selalu diperiksa untuk menentukan apakah itu merupakan melanoma (kanker kulit).
  8. Lingkaran sabit di kuku ibu jari berwarna merah muda : menandakan peredaran darah pankreas kurang baik dan bila fungsi pankreas menurun dapat menyebabkan seseorang mudah lesu, bisa berkembang menjadi kencing manis. Lingkaran sabit di kuku jari telunjuk berwarna merah muda : menandakan usus dan lambung lemah.
  9. Lingkaran sabit di kuku jari tengah berwarna merah muda : menandakan seseorang mudah terserang rasa gelisah, mengalami gangguan pada bagian organ dalamnya, tidur tidak bisa nyenyak, sering pusing dan sulit.
  10. Lingkaran sabit di kuku jarimanis berwarna merah muda : menandakan datang haid tidak normal merasa kepanasan atau kedinginan hingga mengganggu peredaran darah.
  11. Lingkaran sabit di kuku jari kelingking berwarna merah muda : menandakan kondisi jantung lemah.
  12. Kuku berbintik merah atau hitam : menandakan peredaran darah otak kurang baik.

Untuk mengetahui kesehatan tubuh secara keseluruhan, cobalah Anda memijat setiap kuku jari anda. Bila kuku menjadi merah setelah ditekan, berarti Anda memiliki peredaran darah dan organ tubuh yang baik. Namun jika kuku tidak segera memerah setelah di tekan, itu artinya peredaran darah Anda tidak lancar dan ada organ tubuh yang kurang sehat.

Sumber: conectique.com


Artikel Yang Mungkin Berkaitan :

  1. 7 Manfaat Wortel untuk Kesehatan dan Kecantikan
  2. Pikiran Sehat, Tubuh Ikut Sehat
  3. Langkah Mudah Cegah Flu
  4. Konsumsi Garam Secukupnya
  5. Inilah 10 Penyakit yang Masih Dianggap Misterius
  6. Inilah 8 Tips Memasak Sehat di Rumah
  7. Tak Baik Terlalu Banyak Konsumsi Vitamin
  8. Penyebab Depresi
  9. Fakta Baik Tentang Alpukat
  10. Bikin Ereksi Tapi Susah Orgasme, Efek Obat Berikut