Dapatkan info penting lainnya dari kami!

Email anda :


Share

Manusia lanjut usia (lansia) penderita kencing manis (diabetik) tipe 2 secara cepat kehilangan kekuatan otot-otot mereka dibandingkan dengan orang-orang seusia mereka yang sehat, demikian laporan peneliti Korea dan Amerika Serikat di majalah kedokteran Diabetes Care.

Ketua tim peneliti, Dr Seok Won Park, mengatakan kepada Reuters bahwa kondisi kesehatan lansia penderita diabetes mengalami kemunduruan dengan proses kehilangan kekuatan otot-otot sekira 50 persen lebih cepat dibandingkan dengan kelompok non-diabetik, sehingga hal itu menjelaskan adanya kelipatan dua kali ketidakmampuan fisik penderita diabetes.

Untuk mengetahui perobahan yang terjadi dari massa jaringan otot beserta kekuatannya, Dr Park dari Bundang University beserta rekan-rekannya melakukan penelitian terhadap kalangan usia lanjut, yang kemudian dibagi menjadi dua kelompok, yakni penderita diabetes, dan kalangan biasa yang bukan penderita.

Sebanyak 1.840 orang pada usia antara 70 hingga 79 tahun disertai dengan data dan catatan medis mereka dilibatkan dalam penelitian di mana 305 diantaranya adalah penderita diabetes tipe 2. Massa jaringan otot pada lengan dan kaki diukur diawal penelitian dan diakhir yaitu selang tiga tahun kemudian .

Kelompok diabetik tipe 2 memperlihatkan berkurangnya secara nyata massa otot pada kaki yang tidak terjadi pada mereka lansia yang bukan penderita. Kekuatan otot kaki dan kekuatan maksimum massa otot kaki per unit juga jauh berkurang pada penderita diabetes tipe 2.

Namun, para peneliti tidak mengamati ataupun meneliti perbedaan di antara kedua kelompok dalam hal perobahan kekuatan otot lengan, serta kualitasnya dan mencatat, rata-rata 50 persen penurunan kekuatan pada otot lutut lansia penderita diabet. Hasil temuan lainnya juga memperlihatkan berkurangnya fungsi dari otot pada kaki tidak selalu harus disertai dengan kehilangan massa jaringan. (yz)


Artikel Yang Mungkin Berkaitan :

  1. 5 Tips Usir Bau Mulut Saat Berpuasa
  2. Seputar Kanker Leher Rahim
  3. Jus Buah Vs Buah Potong
  4. Beberapa Obat-obatan Bikin Anda Gemuk
  5. Ingin Ramping? Biasakan Sarapan!
  6. Inilah 5 Kesalahan Saat Berdiet
  7. Benarkah Minuman Energi Selalu Berenergi?
  8. Pil KB Cegah Kanker Payudara
  9. Antara TBC, Rokok, dan Polusi Udara
  10. 6 Kebiasaan Yang Membuat Anda Susah Tidur