Dapatkan info penting lainnya dari kami!

Email anda :


Share

Sayur dan buah-buahan merupakan sumber makanan yang mengandung gizi lengkap dan sehat. Sayur berwarna hijau merupakan sumber kaya karoten (provitamin A). Semakin tua warna hijaunya, maka semakin banyak kandungan karotennya.

Kandungan beta karoten pada sayuran membantu memperlambat proses penuaan dini mencegah resiko penyakit kanker, meningkatkan fungsi paru-paru dan menurunkan komplikasi yang berkaitan dengan diabetes. Sayuran yang berwarna hijau tua diantaranya adalah kangkung, daun singkong, daun katuk, daun papaya, genjer dan daun kelor.

Di dalam sayuran dan buah juga terdapat vitamin yang bekerja sebagai antioksidan. Antioksidan dalam sayur dan buah bekerja dengan cara mengikat lalu menghancurkan radikal bebas dan mampu melindungi tubuh dari reaksi oksidatif yang menghasilkan racun.

Alpukat, apel, blimbing, jambu, jeruk, mangga, pepaya kaya akan vitamin A. sedangkan kecambah atau toge merupakan sumber vitamin E. buah-buahan pada umumnya kaya akan berbagai jenis mineral, diantaranya kalium (K), kalsium (Ca), Natrium (Na),  dan zat besi (Fe). Buah-buahan yang kaya kalsium adalah buah salak, sawo, jeruk nipis, arbei, nangka, pala dan srikaya.

Sungguh begitu banyak manfaat sayur-sayuran dan buah-buahan bagi kesehatan tubuh. Untuk itulah, tak heran jikalau semua pakar kesehatan menganjurkan kepada kita untuk mengonsumsi banyak sayuran dan buah-buahan untuk menjaga kondisi tubuh. (yz)


Artikel Yang Mungkin Berkaitan :

  1. Kembangkan Kepribadian Anda Dengan Cara – Cara Berikut
  2. Nyeri Haid Bisa Karena Stres
  3. Berikut 10 Fakta Penting Tuberkulosis, Pembunuh Peringkat 7 Didunia
  4. 4 Tips Cara Terbaik Memelihara Pendengaran
  5. Bekerja Malam? Berikut Tips Sehat Untuk Para “Kalong”
  6. Ketahui Batas Aman Pengawet Mie Instant
  7. Berbahaya, Perempuan Manopose Konsumsi Hormon
  8. Pengidap HIV/AIDS di Indonesia Terus Meningkat
  9. Cegah Kanker Kulit Dengan Memakai Jilbab
  10. Makanan yang Pengaruhi ASI