Dapatkan info penting lainnya dari kami!

Email anda :


Share

Buah mangga adalah sumber vitamin C, yang diketahui sangat berguna bagi tubuh. Di samping berfungsi sebagai antioksidan, vitamin C ini juga memiliki fungsi menjaga dan memacu kesehatan pembuluh-pembuluh kapiler, kesehatan gigi dan gusi. Ia membantu penyerapan zat besi dan dapat menghambat produksi natrosamin , satu zat pemicu kanker. Vitamin C mampu pula membuat jaringan penghubung tetap normal dan membantu penyembuhan luka.

Kandungan vitamin C pada mangga cukup layak diperhitungkan. Setiap 100 gram bagian mangga masak yang dapat dimakan memasok vitamin C sebanyak 41 mg, mangga muda bahkan bisa lebih hingga 65 mg. Artinya, dengan mengkonsumsi mangga ranum 150 gram atau mangga golek 200 gram (1/2 buah ukuran kecil), kecukupan vitamin C yang dianjurkan untuk laki-laki dan perempuan dewasa per hari, yakni masing-masing 60 mg) dapat terpenuhi.

Kalium dan stroke
Kalium mempunyai fungsi meningkatkan keteraturan denyut jantung, mengaktifkan kotraksi otot dan membantu tekanan darah. Konsumsi kalium yang memadai dapat mengurangi efek natrium dalam meningkatkan tekanan darah, dan secara bebas memberikan kontribusi terhadap penurunan risiko karena stroke.

Satu penelitian menunjukkan bahwa bila seseorang menambahkan sepotong buah tinggi kalium ke dalam pola makanan sehari-hari, risiko terkena stroke fatal dapat dikurangi sebesar 40 persen. Konsumsi ekstra kalium sebanyak 400 mg setiap hari dapat mengurangi kemungkinan mendapat penyakit jantung dan pembuluh darah.

Kalium terdapat melimpah pada mangga. Tiap 100 gram mangga terkandung kalium sebesar 189 mg. Dengan mengkonsumsi sebuah mangga harumanis ukuran sangat kecil (minimal 250 gram), atau sebuah mangga gedong ukuran sedang (200-250 g), kecukupan kalium sebanyak 400 mg per hari dapat terpenuhi.

Anda yang ingin membeli mangga bisa memilih mangga yang baik dengan warna hijau kekuning-kuningan, kulit licin, dan aroma yang manis. Hindarilah memilih buah yang terlalu keras atau terlampau lembek, memar, atau berbau fermentasi. (yz/berbagai sumber)


Artikel Yang Mungkin Berkaitan :

  1. 4 Tanda Siklus Mens yang Tidak Normal
  2. Liburan Bisa Membuat Panjang Umur
  3. 6 Penyakit Berikut Bisa Diwariskan Dari Ibu
  4. Perbaiki Struktur Tungkai Kaki Dengan Fitbone
  5. Vitamin K yang Special
  6. 4 Benda Berikut, Bahaya Jika Dipakai Bergantian
  7. Masalah Bau Badan
  8. Inilah 13 Cara Alternatif Menghilangkan Sakit Kepala
  9. Teh Cegah Gigi Berlubang
  10. Kenapa Anda Harus Bersyukur Setelah Bersin?