Dapatkan info penting lainnya dari kami!

Email anda :


Share

Saat haid datang dan aktivitas cukup banyak, menggunakan pembalut biasa, rasanya kurang pas. Cara lain adalah dengan menggunakan tampon. Tetapi, banyak wanita yang tidak terlalu menyukai tampon karena cenderung membuat vagina kering. Selain itu, ada alat lain yang berfungsi sebagai pembalut wanita yaitu “Menstrual Cup”.

“Tidak seperti tampon yang tidak dapat digunakan lebih dari 8 jam, Menstrual Cup dapat digunakan hingga 12 jam,” kata Miriam Greene, MD, asisten profesor kebidanan dan ginekologi di New York University School of Medicine, Amerika Serikat.

Menstrual Cup juga tidak meninggalkan serat yang bisa membuat vagina tergores dan membuatnya menjadi kering. Karena tidak mengandung latex, Menstrual Cup ini cocok untuk yang memiliki alergi pada latex. Ukurannya juga hanya satu dan bisa digunakan siapapun. Jika dipasang dengan cara yang benar dan pas, penggunanya juga tidak akan merasakan kalau terdapat Cup dalam vagina.

Kekurangan pembalut ini adalah, pemakaiannya yang sedikit rumit. Cup harus ditekan di bagian pinggir dengan jari-jari dalam vagina di bawah leher rahim dan membuat bentuk mangkuk. Mangkuk tersebutlah yang akan menampung aliran darah. Butuh beberpa kali untuk mencobanya supaya pas dan nyaman digunakan. Tetapi, bagi pengguna IUD, tidak boleh menggunakan “Menstrual Cup” karena bisa membuatnya tidak berfungsi.

sumber: Petti Lubis, Mutia Nugraheni, VIVAnews


Artikel Yang Mungkin Berkaitan :

  1. Kopi Jauh Lebih Sehat Dari yang Anda Bayangkan
  2. Kanker Paru-Paru Berkaitan Dengan Genetika
  3. Inilah 7 Makanan Penyebab Sakit Maag
  4. Peneliti AS Buat Vaksin Antimalaria
  5. Tips Terhindar dari Radiasi Ponsel
  6. Cegah Gangguan Pencernaan Dengan 5 Tips Berikut Ini
  7. Mau Punya Anak Cowok? Begini Caranya
  8. Inilah 12 Gejala Awal Gangguan Jantung
  9. Inilah 9 Langkah Pencegahan Stroke pada Perempuan
  10. Inilah Biaya Yang Harus Dikeluarkan Untuk Program Bayi Tabung Di Jakarta