Dapatkan info penting lainnya dari kami!

Email anda :


Share

Merokok terbukti dapat merusak sperma, dan mewariskan kerusakan genetik itu dari seorang bapak ke anak lelakinya, demikian laporan penelitian di Kanada, yang diberitakan Antara.

Sebuah penelitian pada tikus menunjukkan bahwa rokok menyebabkan perubahan DNA (gen cetak biru tubuh) pada sel sperma, catat jurnal penelitian kanker pekan ini, seperti dikutip Reuters.

Mutasi seperti itu, diketahui bersifat permanen. “Jika diwariskan, mutasi ini menampilkan perubahan yang tidak dapat dikembalikan seperti semula dari komposisi genetik,” kata Carole

Yauk dari Divisi Penanganan Racun dan Kesehatan Lingkungan Kanada, yang memimpin penelitian. “Kami telah mengetahui bahwa ibu yang merokok dapat mencederai janinnya, dan di sini kami menunjukkan fakta bahwa seorang ayah dapat secara potensial merusak calon penerusnya, bahkan sebelum bertemu pasangannya.”

Yauk dan rekan-rekannya mempelajari sel yang memproduksi sperma di tikus yang dipapar dengan asap rokok selama enam atau 12 pekan.

Seluruh mamalia terus melanjutkan untuk memproduksi sperma. Mereka menemukan bahwa terjadi mutasi sebanyak 1,7 kali pada sel DNA tikus yang terpapar asap rokok dibandingkan pada tikus yang tidak terpapar asap rokok setelah 12 pekan, dan 1,4 kali mutasi setelah enam pekan.

“Kesimpulan ini menunjukkan bahwa kerusakan tergantung pada lamanya durasi terpapar asap rokok, jadi makin lama anda merokok maka akumulasi mutasi akan makin besar dan makin besar potensi dampaknya pada sel sperma,” kata Yauk. (yz)


Artikel Yang Mungkin Berkaitan :

  1. Kopi Kurang Baik untuk Produktivitas Kerja
  2. Bayi Pertama Hasil IVM
  3. Bahaya Bahan Pengawet Mi Instan, Pengaruhi Organ Tubuh
  4. Nyeri Kanker, Atasi Dengan 5 Cara Berikut
  5. Wanita Paling Stres Umur 27 Dan Paling Menarik Di Umur 31
  6. Jus Buah Vs Buah Potong
  7. 8 Efek Samping Jika Sering Menelan Odol
  8. 10 Tips : Cara Memulai Meditasi Bagi Pemula
  9. Atasi Kembung Dengan 4 Makanan Berikut
  10. Pengidap HIV/AIDS di Indonesia Terus Meningkat