Dapatkan info penting lainnya dari kami!

Email anda :


Share

Selama tidak dikonsumsi secara berlebihan, alkohol ternyata dapat mengurangi risiko kepikunan. Cukup dengan 1-2 gelas per hari, risiko kepikunan dapat terhindarkan.

Hasil penelitian yang diungkap oleh peneliti Kaycee Sink,MD, dari Wake Forest University School of Medicine di Winston-Salem, N.C. menemukan, 1-2 takar alkohol per hari bisa melindungi orang tua dari ancaman demensia atau kepikunan.

Tetapi konsumsi ini hanya berlaku untuk pencegahan. Jika memang telah mengalami gangguan kognitif ringan saat memasuki usia 75 tahun, sedikit alkohol pun akan mempercepat proses penurunan memori.

Mereka yang sudah terdiagnosis mengalami gangguan memori ringan di awal studi, justru berisiko dua kali lebih besar mengalami kepikunan dibandingkan mereka yang tidak minum. Hasil temuan ini juga turut mempertimbangkan faktor lain seperti merokok, pendidikan, depresi, serta faktor-faktor lain yang bisa mempengaruhi risiko demensia.

Hasil studi menunjukkan, mereka yang minum anggur, bir, atau minuman keras sebanyak satu atau dua takar minum sehari memiliki risiko 37% lebih kecil mengalami demensia dibandingkan mereka yang tidak minum alkohol sama sekali.

“Penurunan risiko ini sama dengan hasil latihan fisik tiga kali seminggu atau lebih,” kata Kaycee Sink seperti dikutip dari situs webmd.

Dalam studi yang dipresentasikan di acara konferensi Internasional Alzheimer’s Association 2009 ini, Sink menekankan sebaiknya seseorang tidak mulai minum dengan alasan mencegah demensia atau kepikunan.

“Akan tetapi orang tua yang memang sudah terbiasa minum dengan takaran sedang tidak perlu menghentikan kebiasaan ini jika fungsi kognitif mereka normal,” ungkapnya.

sumber: www.inilah.com


Artikel Yang Mungkin Berkaitan :

  1. Nafas Anda Bau ?
  2. Waspada Kelebihan Vitamin C, Sebabkan Penyakit!
  3. Cara Hacker curi data Kartu Kredit
  4. Ketidaksuburan Pasutri, 40% Dari Faktor Suami
  5. Rambut Lebat Saat Hamil Dan Rontok Saat Melahirkan Kenapa?
  6. Kenapa Perempuan Lebih Cerewet ? Inilah Penyebabnya
  7. Inilah Efek dan Pengobatan Serangan “Gigitan” Tomcat
  8. Varises, Penyebab dan Cara Mengatasinya
  9. Menanti ‘Ketidakgratisan’ Google
  10. 6 LANGKAH MENGHINDARI TIMBUNAN DOKUMEN