Dapatkan info penting lainnya dari kami!

Email anda :


Share

Apa yang ada di bayangan Anda ketika mendengar kata “hypnobirthing”? Praktik ini sempat “booming” beberapa tempo lalu. Namun, ternyata, hypnobirthing sudah dikenal sejak tahun 1800-an. Salah seorang praktisi hypnobirthing Indonesia, adalah Lanny Kuswandi. Lanny merupakan seorang bidan yang menekuni hypnobirthing sejak tahun 2002, kini ia berpraktik di Pro V Clinic (Holistic Health Care).

Lewat putrinya, Vonda Kuswandi dan rekannya yang juga seorang bidan, Kristina, Lanny mencoba mengajak ibu-ibu muda yang hadir dalam acara Smart Parents Conference di JCC beberapa waktu lalu mengenal sekilas tentang hypnobirthing. Hypnobirthing berasal dari 2 kata, yakni hipnosis dan birthing. Hipnosis merupakan pemberdayaan energi jiwa bawah sadar, dengan mengistirahatkan energi jiwa sadar. Sementara birthing adalah proses persalinan.
Diterangkan oleh Kristina, yang sehari-harinya bekerja sebagai bidan swasta, hypnobirthing merupakan persiapan kehamilan dan persalinan yang menyeluruh (body, mind, dan spirit). Tahukah Anda bahwa alam sadar kita bekerja 18 persen di keseharian, sementara alam bawah sadar kita memiliki fungsi 82 persen? Mana yang lebih kuat? Tentu alam bawah sadar. Jika kita bisa mengkontrol alam bawah sadar kita, maka kita bisa memprogram hal yang ingin kita kejap dalam keseharian.

Hal ini berkaitan dengan proses kehamilan. Pada keseharian, banyak kali kita mendengar wanita lain mengeluhkan mengenai rasa sakit saat proses persalinan, betapa tidak nyamannya saat kehamilan, dan banyak hal-hal negatif seputar proses tersebut. Secara tidak sadar, otak kita menyimpan memori dan menjadi semacam pemikiran terdalam, bahwa proses kehamilan hingga persalinan itu akan berlangsung lama, melelahkan, dan sangat menyakitkan. Secara tidak sadar, hal-hal negatif tersebutlah yang tertanam di dalam diri dan membuat kita memprogram diri untuk merasa sangat tidak nyaman saat proses kehamilan hingga persalinan.

Hal inilah yang ingin diubah dalam hypnobirthing. Melalui hipnosis, saat seseorang berada dalam keadaan pikiran tenang, relaks, kita mengubah mindset bahwa proses kehamilan dan persalinan tidak lagi seburuk yang diceritakan orang lain. Dalam bahasa yang disampaikan Kristina, “Merupakan upaya memasukkan niat atau sugesti dengan tujuan melahirkan dengan lancar, mudah, dan tenang.”

Hypnobirthing melatih kita untuk “mengajar alam bawah sadar”, misal, supaya si anak lahir menjadi orang yang baik atau agar si bayi bisa membantu proses persalinan agar lancar. Caranya? Menurut Vonda Hypnobirthing dilakukan dengan 4 teknik dasar, yakni;

  1. Relaksasi dan afirmasi, mengucapkan kalimat-kalimat positif ke dalam bawah sadar sehingga membentuk sugesti.
  2. Visualisasi, membayangkan kemauan, misal; saat si ibu masih belum juga mengalami pembukaan, si ibu masuk ke tahap relaksasi dan memikirkan bunga yang sedang mekar dan memvisualisasikan hal tersebut pada dirinya.
  3. Komunikasi dengan bayi, mencoba mengajak bayi berkomunikasi, hal ini memungkinkan dan akan sangat membantu si anak.
  4. Deepening Technique, teknik masuk lebih dalam ke alam bawah sadar.

Saat memasuki alam bawah sadar, harus dilakukan dengan kondisi alfa atau pikiran tenang, harus dilakukan berulang-ulang, identifikasi kelompok atau keluarga yang memiliki kesamaan visi, ide yang disampaikan figur, dan dalam kondisi yang intens.

Menurut Vonda, hypnobirthing memiliki ragam manfaat untuk ibu hamil dan saat persalinan, yakni;

  1. Mengurangi rasa mual, muntah, dan pusing di trimester pertama.
  2. Menyehatkan sel di dalam tubuh dan air di dalam tubuh yang berpengaruh pada kesehatan janin.
  3. Merupakan formula alami dari manajemen rasa sakit dan tak mempunyai efek samping pada janin.
  4. Membuat ibu mampu mengontrol sensasi rasa sakit pada saat kontraksi uterus.

Manfaat untuk janin:

  1. Membantu menjaga suplai oksigen kepada bayi selama proses persalinan.
  2. Meningkatkan ikatan batin ibu terhadap bayi dan suami.
  3. Meningkatkan produksi ASI.
  4. Mempersiapkan generasi yang sehat, cerdas, dan kreatif.

Ketika si ibu sudah merasa lebih nyaman dengan kondisinya, akan lebih mudah untuknya menjaga kehamilan. Apalagi ketika si ibu mengalami masalah sulit makan akibat mual-muntah dan lainnya. Namun, diingatkan kembali oleh Kristina, modal awal untuk hypnobirthing adalah percaya bahwa ini bisa, bahwa melahirkan tanpa rasa sakit itu bisa dilakukan. Jika pikiran kita melawan untuk percaya, akan sulit untuk menanamkan pemikiran tersebut. Lebih baik lagi jika ada teman yang mendampingi, seperti pasangan untuk membantu menguatkan si ibu yang sedang melalui proses hadirnya si kecil ke dalam dunia.

Praktik Hypnobirthing Lanny Kuswandi
Pro V Clinic (Holistic Health Care)
Jl. Let. Jend. Suprapto no. 60, Jakarta
Telepon: (021) 426 5321/www.pro-vclinic.web.id

RSIA Bunda, Jl. Cik Di Tiro, Menteng, Jakarta Pusat
RSIA Tambak, Jl. Tambak, Jakarta Pusat

sumber: Editor: NF, kompas.com


Artikel Yang Mungkin Berkaitan :

  1. Varises Vagina Saat Hamil
  2. Apa yang Dimaksud dengan Mandul?
  3. Belum Hamil? Berikut Beberapa Makanan Bisa Membantu Kesuburan
  4. Melahirkan Normal Dengan Induksi
  5. Hamil, Dari Masalah Seks Sampai Sepatu Hak Tinggi
  6. Vitamin A Cegah Bayi Sumbing
  7. Faktor Penyebab Kelahiran Sungsang
  8. Bayi Tabung
  9. Kekurangan Asam Folat, Sulit Untuk Hamil
  10. 4 Ciri – Ciri Wanita Hamil