Dapatkan info penting lainnya dari kami!

Email anda :


Share

Ternyata tidur itu sangat penting untuk perkembangan sel otak baru. Jika memang kita terganggu pola tidurnya maka dipastikan regenerasi sel otak kita yang baru pun akan terhambat. Riset ini dimuat dalam Proceedings of the National Academy of Science.

Sebuah tim dari Universitas Princeton menemukan bahwa kurang tidur akan mempengaruhi hippocampus, suatu wilayah di otak yang terlibat dalam pembentukan ingatan. Percobaan ini dilakukan pada tikus. Para peneliti membandingkan tikus-tikus yang dibuat tidak tidur selama 72 jam dengan tikus yang bebas mendapat waktu tidurnya.

Hasilnya, hewan yang tidak tidur menghasilkan hormon stres corticosterone dalam kadar jauh lebih tinggi. Mereka juga menghasilkan lebih sedikit sel-sel otak baru di wilayah hippocampus.

Hasil ini menunjukkan bahwa kenaikan kadar hormon stres akibat kurang tidur bisa menyebabkan pengurangan produksi sel di otak. Dan efek di atas berlangsung dalam kurun waktu yang cukup lama. Buktinya, ketika pola tidur tikus dibuat normal kembali, tingkat produksi sel-nya belum juga naik selama dua minggu.

Walau belum diketahui apakah efek kurang tidur pada tikus ini akan sama bila diujikan pada manusia, namun sudah diketahui luas bahwa kurang tidur menyebabkan gangguan konsentrasi dan masalah lain. Dan daripada pertumbuhan sel-sel otak kita terganggu, lebih baik tidur dalam waktu yang cukup. Sebaiknya anda berhati-hati jika memang memiliki kesulitan untuk tidur segera lah berobat. (yz/sumber: cbn)


Artikel Yang Mungkin Berkaitan :

  1. Ternyata Madu Murni Punya Efek Buruk
  2. Kerja Shift Malam Rentan Terkena Kanker
  3. Inilah 6 Penyebab Keputihan
  4. Kanker, Bisa Di Deteksi Lewat Tes Darah
  5. Hati-Hati dengan Bahaya Plastik! Pelajari Sebelum Terlambat.
  6. Daftar 22 Obat Kuat Berbahaya
  7. Inilah 7 Fakta Sehat Air Putih
  8. 7 Kiat Pilih Dokter
  9. 6 Makanan Berikut Merangsang Otak, Meningkatkan Hormon dan Vitalitas,
  10. Gaya Hidup Cegah Hipertensi