Dapatkan info penting lainnya dari kami!

Email anda :


Share

Apakah LASIK itu?
LASIK konvensional menggunakan alat mikrokeratom untuk membuka lapisan permukaan kornea mata. Kemudian dilakukan excimer laser untuk menghilangkan sebagian lapisan kornea. Teknologi canggih ini mengubah bentuk lapisan kornea, sehingga secara permanen menyembuhkan miopia (rabun jauh), hypermetropia (rabun dekat), serta astigmatisme (mata silinder). Lapisan permukaan kornea yang dibuka tadi (flap), dikembalikan ke posisi semula. Karena prosedur LASIK hanya dikerjakan pada lapisan dalam kornea saja (permukaan kornea sama sekali tidak disentuh), maka tidak ada rasa sakit pasca tindakan. Flap akan secara alami melekat kembali setelah beberapa menit tanpa perlu dijahit sama sekali.

Apakah saya bisa menjalani prosedur LASIK?
Agar dapat menjalani prosedur LASIK, ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi:

  • Berusia 18 tahun ke atas.
  • Memiliki penglihatan yang stabil selama paling tidak 6 bulan.
  • Tidak pernah memiliki penyakit mata yang serius.
  • Tidak sedang hamil, kaca mata Anda kadang-kadang berubah-ubah saat hamil.
  • Tidak menderita diabetes dengan kadar gula yang tidak terkontrol.

Sebelum menjalani prosedur LASIK, Anda diharapkan untuk membahasnya dengan Dokter Mata Anda. Kemudian mata Anda akan diperiksa dan beberapa tes khusus harus Anda jalani untuk menentukan apakah prosedur LASIK tersebut sesuai untuk Anda.

APAKAH YANG DIRASAKAN SAAT LASIK?
Mata Anda akan terus dibuka dengan pembuka mata, dan yang harus Anda lakukan hanyalah menatap pada satu titik sasaran (biasanya lampu merah kecil yang berkedip-kedip) pada mesin laser. LASIK dilakukan pada pasien tanpa rawat inap dengan anestesi topikal (tetes mata). Anda akan tetap sadar selama prosedur berlangsung, yang memakan waktu kurang lebih 10 menit per mata.

SEPERTI APA PENYEMBUHANNYA DAN SEBERAPA CEPAT PENGLIHATAN MEMBAIK?
Setelah LASIK, mungkin Anda akan merasa lelah, mata merah, dan tidak nyaman, tetapi tidak terasa sakit. Mungkin juga Anda merasakan mata seperti berpasir dan sensitif terhadap cahaya. Gejala-gejala ini sangat terasa selama 1 sampai 6 jam pasca tindakan, dan akan mereda setelah 8 sampai 12 jam. Penglihatan biasanya terasa berkabut selama 2 sampai 3 jam pasca tindakan, setelah itu penglihatan berangsur-angsur akan menjadi tajam seperti orang normal. Umumnya dalam waktu 24 jam, tajam penglihatan akan mencapai 100%. Dapat dimungkinkan juga terjadi penurunan tajam penglihatan dan silau saat melihat pada malam hari, tetapi hal ini akan membaik dalam jangka waktu 1 sampai 3 bulan.

APA YANG TERJADI SETELAH TINDAKAN?
Anda akan diberi obat antibiotik dan tetes mata (sesuai resep dokter). Semacam lubrikan tetes mata mungkin juga akan diresepkan untuk Anda untuk menghilangkan rasa kering yang mungkin akan Anda alami. Pemeriksaan lanjutan akan dilaksanakan setelah tindakan, sebanyak kira-kira 3 sampai 4 kali, tergantung pada kondisi mata Anda.

APAKAH LASIK DAPAT DILAKUKAN PADA KEDUA MATA BERSAMAAN?
Ya. Riset telah membuktikan bahwa LASIK pada kedua mata dapat dan aman dilakukan secara bersamaan. Jika LASIK dikerjakan hanya pada satu mata, maka menjadi tidak praktis dan lebih tidak nyaman karena selain harus beberapa kali datang ke klinik, Anda juga merasakan ketegangan beberapa kali saat akan menjalani tindakan tersebut. Keuntungan lainnya adalah waktu yang lebih singkat, jika LASIK dikerjakan pada kedua mata sekaligus. Juga tidak ada masalah pada keseimbangan antara mata yang sudah dan belum di LASIK. Rehabilitasi juga lebih cepat karena kedua mata dapat sembuh bersamaan.

EFEK SAMPING
Tetap ada kemungkinan efek samping dalam tindakan medis apa pun. Namun jika ditangani oleh dokter yang ahli, komplikasi serius sangat jarang terjadi. Secara keseluruhan, LASIK aman dan efektif.

Efek samping yang bisa terjadi antara lain:

  • Tajam penglihatan pasca tindakan yang kurang atau berlebihan (under atau over correction), ini dapat diperbaiki dengan pemberian laser tambahan (retreatment) setelah kondisi mata stabil. Biasanya hal ini dilakukan dalam kurun waktu 3 bulan setelah tindakan.
  • Silau saat melihat pada malam hari. Hal ini umum bagi pasien dengan pupil mata yang besar dan pasien dengan miopia yang tinggi. Gangguan ini akan berkurang seiring dengan berjalannya waktu.
  • Flap Kornea bisa bergeser jika terjadi trauma pada mata (misalnya menggosok atau menekan bola mata terlalu kuat). Flap ini akan melekat cukup kuat kira-kira seminggu setelah tindakan.
  • Biasanya akan terjadi gejala mata kering. Hal ini akan terjadi selama seminggu setelah tindakan dan akan hilang dengan sendirinya. Pada sebagian kasus mungkin diperlukan semacam lubrikan tetes mata.

KEBERHASILAN LASIK
Lebih dari 30 juta orang di seluruh dunia telah menjalani prosedur LASIK. Data di Klinik Mata Nusantara menunjukkan, lebih dari 95% pasien yang telah menjalani LASIK dapat melakukan kehidupan sehari-hari tanpa memakai kacamata ataupun lensa kontak lagi. Kurang dari 5% saja yang masih memerlukan prosedur retreatment. Seluruh hal di atas hanyalah gambaran singkat mengenai LASIK. Konsultasi lebih lanjut dengan dokter mata Anda sangat dianjurkan sebelum menjalani prosedur ini.

Teknologi terkini : 100% Blade-Free
 Klinik Mata Nusantara (KMN) dengan bangga mempersembahkan teknologi LASIK super canggih yaitu iLASIK, sebuah kombinasi inovatif teknologi terkini dari Intralase dan VISX Advanced CustomVue. Sebuah perpaduan teknologi LASIK best of the best saat ini. iLASIK merupakan teknologi LASIK tanpa pisau dengan tingkat kemananan, keakuratan dan kehandalan luar biasa yang belum pernah ada sebelumnya.

iLASIK : PERSONAL UNTUK ANDA
Sadarkah Anda bahwa mata setiap orang berbeda seperti halnya sidik jari? Dengan iLASIK seluruh ketidaksempurnaan penglihatan Anda akan dikoreksi secara individu, spesifik hanya untuk Anda. Pemeriksaan mata seluruhnya dilaksanakan dengan menggunakan komputer untuk mendapatkan data-data secara sangat lengkap dan individu. Data tersebut digunakan untuk prosedur iLASIK yang sangat personal hanya untuk Anda.

Anda Berhak Mendapatkan yang Terbaik
Prosedur LASIK telah mendapat pengakuan dari FDA di Amerika lebih dari 10 tahun yang lalu. Namun baru pada September 2007 lembaga antariksa Amerika, NASA menyetujui penggunaannya pada awak astronot mereka. Pilot Top Gun Angkatan Laut Amerika dan Pilot Angkatan Udara Amerika juga telah diperbolehkan untuk menjalani prosedur ini tetapi hanya dengan teknologi terbaik seperti yang digunakan pada iLASIK, bukan prosedur LASIK yang lain. Para awak astronot NASA, dan Top Gun Pilots tidak hanya membutuhkan tajam penglihatan yang baik, tetapi mereka memerlukan tajam penglihatan yang sempurna. Anda juga layak untuk mendapatkan tajam penglihatan yang terbaik, seperti kelompok elit penerbang pesawat tempur dan astronot Amerika. Untuk itu iLASIK solusinya.

KEAMANAN YANG LUAR BIASA
Salah satu proses penting dalam prosedur LASIK adalah pembuatan flap pada kornea. Dengan iLASIK, pembuatan flap dilakukan dengan femtosecond laser 60 kilohertz, pertama di Indonesia. Sementara dalam prosedur LASIK yang konvensional pembuatan flap kornea dilakukan dengan sebuah alat mekanik yang disebut mikrokeratom, semacam pisau elektrik yang di-design khusus. Perbedaan ini baru merupakan salah satu alasan kenapa iLASIK begitu aman, begitu mudah dan begitu menakjubkan. Dengan iLasik, mata Anda tidak akan pernah tersentuh pisau bedah apapun. Pembuatan flap dibuat dengan menggunakan laser khusus sehingga akan menghasilkan presisi yang sangat tinggi dengan tingkat keakuratan yang sangat luar biasa. Dengan iLASIK Anda dapat terhindar dari komplikasi serius saat pembuatan flap, dibandingkan jika menggunakan alat mekanik yang disebut mikrokeratom.

Kelebihan iLASIK:

  • Tajam penglihatan lebih baik , bahkan dapat lebih baik dari pada saat Anda menggunakan kaca mata.
  • Lebih aman, karena dengan LASIK tanpa pisau berarti menghilangkan sumber utama penyebab terjadinya komplikasi pada pembuatan flap. Teknologi iLASIK akan memberikan rasa aman karena seluruh prosedurnya 100% dilakukan dengan Laser yang dikontrol sepenuhnya oleh komputer, sehingga Dokter dapat memastikan semua prosedur dikerjakan dengan presisi yang tinggi.
  • Flap lebih tipis , sehingga pasien yang tadinya tidak bisa di-LASIK karena korneanya tipis, sekarang mempunyai kesempatan untuk menjalani prosedur ini.
  • Presisi lebih tinggi , iLASIK juga memberikan jaminan bahwa ketebalan flap yang dibuat benar-benar sesuai dengan yang diinginkan dan rata pada semua bidang flap yang dibuat.
  • Mengurangi gejala mata kering pasca prosedur LASIK , dengan iLASIK keluhan mata kering pasca tindakan dapat dikurangi secara dramatis.
  • Retreatment pasca tindakan lebih jarang , karena keakuratan iLASIK yang lebih tinggi maka kemungkinan terjadinya under atau over correction lebih jarang.
  • Teknologi pilihan , iLASIK menjadi teknologi pilihan bagi Dokter ahli LASIK terkemuka di seluruh dunia.

Sejak didirikan tahun 2004, Klinik Mata Nusantara berupaya untuk memberikan pelayanan dan hasil pengobatan yang terbaik bagi semua pasiennya. Dengan fasilitas klinik berstandar internasional, Klinik Mata Nusantara kini menjadi kilinik mata terdepan di Indonesia dan sekaligus menjadi pilihan masyarakat Indonesia dari Sabang sampai Merauke. Prestasi mengagumkan ini tidak dicapai dalam sekejap melainkan dibangun bersama dengan cita-cita luhur untuk menghadirkan klinik mata yang memberikan medical outcome dan service quality yang baik bagi pasiennya. Para dokter mata yang ahli di bidangnya dan berpengalaman membuat tingkat kepercayaan masyarakat terhadap Klnik Mata Nusantara semakin tinggi. Klinik Mata Nusantara adalah klinik mata pertama dan satu-satunya di Indonesia yang menghadirkan iLASIK untuk menjadikan penglihatan dan kehidupan Anda menjadi jauh lebih baik

Teknologi Fakoemulsifikasi untuk Katarak
Selain LASIK, Klinik Mata Nusantara juga dilengkapi alat bedah katarak yang tercanggih, seperti mesin Fakomulsifikasi “INFINITY”. Katarak adalah penyebab kebutaan utama di Indonesia.

klinikmatanusantara.com


Artikel Yang Mungkin Berkaitan :

  1. Konser Diana Ross Antiklimaks
  2. Wow! 80 Persen Penduduk DKI Pernah Terinfeksi Hepatitis A
  3. Novel Terakhir Harry Potter Ditayangkan dalam 2 Film
  4. Bayi Berbobot 28 Kilogram
  5. Ferrari Palsu Jadi Bintang Pameran
  6. Inilah 70 Produk Kosmetika Berbahaya
  7. Kasus AIDS Terbanyak Karena Jarum Suntik
  8. Akhir Petualangan “Bocah 10 Ribu Dolar”
  9. Hacker dan Macetnya Server KPU Warnai Pemilu 2009
  10. Pengobatan Mata Dengan iLasik