Dapatkan info penting lainnya dari kami!

Email anda :


Share

Jika anda seorang perempuan perokok, ada baiknya anda menghentikan kebiasaan tidak sehat itu sekarang juga. Sebab kanker mulut rahim (serviks), momok pembunuh nomor 1 perempuan di Indonesia, tengah mengancam para penggemar nikotin.

“Ada korelasinya, sehingga rokok bisa jadi faktor pemicu kanker ini,” kata pakar ginekologi Prof Dr dr Hendy Muhardin Moegni SpOg.

Hal disampaikan dalam jumpa pers di Departemen Obstetri dan Ginekologi Fakultas Kedokteran UI, Jl Kimia, Jakarta, belum lama ini.

Kanker serviks berasal dari human papiloma virus (HPV) yang umum ditularkan melalui kontak seksual. Tidak hanya lewat penetrasi, tapi juga aktivitas petting (melakukan hubungan seks dengan atau tanpa pakaian, tetapi tanpa melakukan penetrasi penis ke dalam vagina).

Untuk mencegah kanker ini, perempuan harus mengurangi perilaku berisiko. “Khususnya bagi remaja putri, agar tidak mencoba merokok, dan tidak pula memulai aktivitas seksual terlalu dini,” kata Hendy.

Data prevalensi dari penelitian Globocan pada tahun 2002, menyebut setiap harinya ditemukan 41 kasus dan 20 kematian gara-gara kanker serviks di Indonesia.

Menurut penelitian WHO, di seluruh dunia terjadi 490,000 kasus kanker serviks dan mengakibatkan 240,000 kematian tiap tahunnya. 80 Persen dari angka itu terjadi di Asia. (yz)


Artikel Yang Mungkin Berkaitan :

  1. Mengenal Penggolongan Obat di Indonesia
  2. Pengidap HIV/AIDS di Indonesia Terus Meningkat
  3. Ilmuwan Di London Klaim Temukan Obat Kanker
  4. Inilah Alasan Kenapa Anda Harus Sering Tertawa
  5. Buah Pisang Kaya Mineral
  6. Inilah Penjelasan Lengkap, Kenapa Seorang Anak Bisa Menderita Hidrosefalus?
  7. Pisang Kaya Mineral
  8. Deteksi Awal Kanker Payudara
  9. Suplemen Seng Lindungi Lansia dari Paru-Paru Basah
  10. Konsumsi Teh Hitam Turunkan Risiko Sakit Jantung