Dapatkan info penting lainnya dari kami!

Email anda :


Share

Setiap orang yang berpuasa tentunya ingin tetap sehat dan segar. Para ahli kesehatan menganjurkan kepada kita agar orang yang menjalankan puasa itu tetap mengonsumsi makanan dengan gizi seimbang, yaitu sumber karbohidrat, lemak, protein hewani dan nabati serta asupan sumber mineral dan vitamin, saat sahur maupun buka puasa.

Dengan demikian, meskipun sepanjang pagi hingga sore hari tidak makan dan minum, tubuh tetap dalam keadaan sehat dan bugar. Meski badan dalam keadaan sehat dan bugar, gangguan sosial kerap dialami oleh orang yang sedang berpuasa, yaitu bau mulut. Hal ini dimungkinkan karena sejak batas imsak saat menjelang subuh hingga berbuka ketika magrib, lambung dalam keadaan kosong.

Para pakar kesehatan menyatakan, keadaan lambung kosong serta hawanya yang keluar lewat mulut akan menimbulkan bau tak sedap. Terlebih, bila orang itu mengalami sakit maag. Bau yang keluar akan lebih menyengat. Dalam keadaan normal saja, mulut kita penuh dengan bakteri. Bakteri-bakteri itulah yang bisa menyebabkan bau mulut.

Kondisi mulut yang menjadi tak bau bisa dikarenakan terbilas oleh air dan makanan ketika kita dalam keadaan tidak berpuasa. Meskipun begitu, mengonsumsi terlalu banyak makan yang beraroma pun, seperti bawang putih juga akan bisa mengakibatkan bau mulut. Jadi, bau mulut saat berpuasa itu lumrah. Dianjurkan, banyak mengkonsumsi air dan makanan yang tak beraroma saat sahur, untuk mengurangi bau yang tak sedap saat sedang berpuasa. (yz)


Artikel Yang Mungkin Berkaitan :

  1. Cara Deteksi Autisme Sebelum Usia Satu Tahun
  2. Diabetes Bisa Diketahui dari Gigi Anda
  3. Tangan Bersih Itu Sehat
  4. Khasiat Kopi
  5. Jaga Berat Badan Selama Hamil
  6. Inilah 10 Mitos Penggunaan Obat yang Keliru
  7. Anda Perokok Pasif? Awas Tuli!!
  8. Minyak Zaitun Bisa Mencegah dan Mengobati Stroke
  9. Inilah Alasan Kenapa Setelah Menikah Bertambah Gemuk
  10. Kesemutan, Gejala Penyakit Serius