Dapatkan info penting lainnya dari kami!

Email anda :


Share

Menyantap buah semangka yang disimpan di lemari mungkin rasanya jauh lebih segar dibanding makan semangka yang dihidangkan dalam temperatur suhu ruang, namun untuk nilai gizinya semangka dingin ternyata kurang berkhasiat, seperti yang dikatakan para peneliti dari Departemen Pertanian Amerika Serikat.

Dalma Jurnal pertanian dan Kimia Pangan yang dilaporkan Departemen Pertanian AS menulis semangka yang disimpan dalam temperatur suhu ruang memiliki kandungan nutrisi yang jauh lebih baik dibanding semangka yang disimpan di lemari es ataupun semangka yang baru dipetik,

Penelope Perkins-Veazie dan Julie Collins dari Pusat Penelitian Pertanian di Lane, Oklahoma, meneliti khusus unsur carotene yang terdapat pada semangka, carotene ialah antioksidan penangkal unsur-unsur radikal bebas yang disebabkan sinar matahari atau unsur-unsur kimia yang membahayakan kesehatan.

Buah semangka kaya akan lycopene, antioksidan yang membuat semangka dan tomat berwarna merah dan bisa menghindari tubuh kita dari penyakit jantung dan beberapa jenis kanker.

Perkins-Veazie dan Collins menguji beberapa variatas buah semangka yang disimpan selama 14 hari pada suhu 70 F (21 derajat Celcius), 55 F (13 derajat C), dan 41 F (5 derajat C).

Hasilnya, buah semangka yang disimpan dalam temperatur suhu ruang 27 derajat C dalam ruang ber-AC memiliki kandungan nutrisi jauh lebih baik. Sementara buah semangka yang baru dipetik yang disimpan pada temperatur suhu ruang memiliki 40 persen lebih banyak lycopen dan 50 persen hingga 139 persen ekstra betacarotene yang nantinya oleh tubuh kita diubah menjadi vitamin A.

“Semua buah semangka yang digunakan dalam penelitian kami telah dipilih oleh petani dan sudah matang dengan sempurna pada saat dipanen,” kata para peneliti. Mereka mengatakan temuan tersebut memperlihatkan buah semangka terus menghasilkan kandungan nutrisi setelah dipetik dan suhu dingin memperlambat proses tersebut.

Kemampuan terus bertahan hidup dan mengembangkan kandungan nutrisi buah semangka adalah antara 14 hingga 21 hari pada 13 derajat Celcius setelah dipanen. Sementara pada suhu 5 derajat Celcius (dalam lemari pendingin) semangka berhenti melakukan proses pengayaan nutrisi dan setelah sepekan justru akan membusuk. (yz)


Artikel Yang Mungkin Berkaitan :

  1. Cara Pencegahan Dan Penanganan Varises
  2. 5 Tips, Cara Ciptakan Rumah Sehat
  3. Sakit Kepala? Inilah Pertolongan Pertamanya, Pijat Di 4 Titik Berikut
  4. Beberapa Obat-obatan Bikin Anda Gemuk
  5. Ganja dan Gangguan Mental
  6. Melirik Penyembuhan Alternatif
  7. Rekayasa Genetik, Bisa Sembuhkan Kanker
  8. Inilah 4 Pemicu Alergi Semakin Parah
  9. Pilihan Kontrasepsi untuk ODHA
  10. Kebanyakan Pasien Asma Tak Pantau Penyakitnya