Dapatkan info penting lainnya dari kami!

Email anda :


Share

Kaki tampil cantik dan menawan dengan sepatu boleh-boleh saja. Tapi sudahkah Anda memikirkan bahwa memilih sepatu justru tidak boleh asal-asalan. Ada hal-hal yang perlu diperhatikan agar tampil cantik tapi juga menyehatkan untuk kaki anda.

Sepatu sudah menjadi bagian dari fashion yang dibuat bukan saja untuk melindungi kaki, tapi juga untuk mempercantik penampilan. Akhirnya, pendekatan fashion yang lebih menjadi pilihan, sehingga muncul sebagai model sepatu yang mengutamakan gaya daripada fungsinya. Bahkan ada juga sepatu yang dipadankan dengan busana yang dipakai.

Memilih sepatu jangan asal-asalan atau karena mengikuti trend yang ada dimasyarakat. Tapi sebaiknya anda memikirkan pula unsur kesehatan. Misalnya untuk sepatu berhak tinggi. Berdasarkan studi yang dilakukan Amerika Academy of Orthopedic surgeon beberapa tahun lalu membuktikan perempuan yang sering mengunakan
sepatu berhak tinggi. Terutama dengan hak diatas 5 cm, banyak yang mengalami radang sendi di sekitar lutut, paha, tulang panggul, bahkan ada yang sampai ke tulang belakang.

Pengunaan sepatu berhak tinggi akan semakin mengundang resiko penyakit bila hak yang dijadikan sandaran untuk berbijak berdiameter kecil. Hak sepatu yang kecil menyebabkan pijakan kaki tidak stabil, apalagi bila pemakaiannya bertubuh gemuk. Agar tubuh tidak terjatuh , secara reflek otot-otot sekitar lutut kerap bekerja keras menjaga keseimbangan tubuh, otot-otot tidak bisa rilek. Inilah yang menyebabkan kaki mudah lelah, capek dan terserang kram.

Sepatu yang terlalu rata yang seperti tanpa sol juga tidak terlalu aman benar untuk kesehatan. Sebab sepatu model tersebut memaksa tendon Achilles, urat kaki diatas tumit,melakukan tarikan yang keras. Bila berjalan dengan sepatu datar berlangsung dalam waktu yang lama.otot-otot disekitar tumit terasa cepat pegal dan lelah.

Sepatu bermodel ujung runcing juga memunculkan masalah untuk di kaki. Bila diperhatikan dengan seksama, kaki manusia memiliki pola yang sama yaitu pola segi empat. Sedangkan sepatu yang berujung runcing adalah penggambaran dari bentuk segitiga. Ditinjau dari aspek kesehatan, sepatu berujung runcing menimbulkan tekanan yang besar pada sendi-sendi jari kaki, dan kondisi ini bisa memicu pengapuran.
info sehat


Artikel Yang Mungkin Berkaitan :

  1. Obat Generik vs Obat Paten
  2. Cara Hidup Sehat, Walaupun Merokok
  3. Tidak Bisa Kentut, Sebabkan Kematian
  4. Perbaiki Struktur Tungkai Kaki Dengan Fitbone
  5. Tak Susah Lakukan Cara Hidup Sehat
  6. Air Putih Bisa Berbahay Bila Dimunum di Saat Makan
  7. Jurus Seksi Demi Moore, Diisap Lintah
  8. Banyak Perempuan Idap Endometriosis
  9. Hati – Hati! Kesalahan Memasak Sebabkan Racun Di Makanan
  10. Ternyata Stres Punya Dampak Positif