Dapatkan info penting lainnya dari kami!

Email anda :


Share

Sebagian perempuan mungkin merasa terganggu apabila mempunyai bulu ketiak yang berlebih, sehingga banyak yang mencukur habis bulu ketiaknya. Padahal mencukur bulu ketiak ternyata bisa menimbulkan efek yang berbahaya untuk kesehatan dibandingkan dengan manfaatnya.

Ternyata ada manfaat dari bulu ketiak, yaitu dapat melindungi kulit dari kotoran dan bakteri. Bulu ketiak juga berfungsi untuk melindungi ketiak dari zat racun yang akan masuk dari luar tubuh. Tak hanya itu bulu ketiak berfungsi untuk melindungi organ vital yang berada di dekatnya, yaitu payudara.

Dan juga di daerah lipatan ketiak merupakan tempat berkumpulnya kelenjar getah bening. Kalenjar inilah yang bisa memudahkan transportasi racun dan zat kimia dari luar tubuh ke bagian dalam tubuh, terutama ke payudara. Sehingga tidaklah mengherankan jika mencabut atau mencukur bulu ketiak selalu dihubung-hubungkan dengan kanker payudara.

Saat mencabut bulu ketiak, tanpa disadari biasanya terjadi luka dan pori-pori membesar. Luka inilah yang memudahkan timbulnya penyakit, seperti radang, bengkak atau bernanah kemudian menjadi infeksi. Kondisi ini berlangsung dalam jangka panjang dan iritasi terjadi terus menerus, bisa menyebabkan mutasi sel. Nah, mutasi sel inilah yang juga memungkinkan terjadinya kanker payudara.

Dengan mencukur bulu ketiak, maka di ketiak akan timbul banyak luka kecil tak kasat mata.
Pori-pori di daerah ketiak juga akan membesar. Ini memungkinkan toksin dan zat kimia dari berbagai produk seperti deodoran, bedak, dan krim akan dengan mudah memasuki kulit. Karena di setiap helai bulu ketiak mengandung bakteri yang berperan dalam proses pembusukan, akibatnya jika tidak dijaga kebersihannya bisa menimbulkan bau badan yang tidak sedap.

Menghilangkan bulu ketiak dengan cara apapun seperti waxes juga tidak disarankan karena resiko terjadinya kanker payudara sama besarnya dengan dicabut atau dicukur. Jadi lebih baik dipotong dengan menggunakan gunting kecil atau gunting khusus. Sebab dengan digunting resikonya lebih kecil untuk terjadi luka.

sumber: berita8.com


Artikel Yang Mungkin Berkaitan :

  1. 10 Makanan Untuk Menurunkan Tekanan Darah
  2. Nyeri Perut? Mungkin Anda Kekurangan Enzim
  3. Kurus Bisa Redam Risiko Kanker
  4. Inilah 6 Keuntungan Menjaga Kesehatan Mulut
  5. Ternyata Tahu dan Tempe Bisa Picu Sel Kanker Payudara Lho!
  6. Sembuhkan Flu Dengan Mandi Uap
  7. Kuman Kebal Antibiotik?
  8. Waspadai Endometriosis Tanpa Gejala
  9. Mengenali Demensia Alzheimer
  10. Perempuan Obesitas Mudah Kena Kanker Ovarium