Dapatkan info penting lainnya dari kami!

Email anda :


Share

Sebuah penelitian baru mengungkap, terdapat metode baru untuk menghancurkan tumor payudara dengan mengepung mereka dengan es. Cara ini dipercaya bisa menawarkan pilihan baru untuk menyembuhkan kanker payudara tanpa operasi dan kemoterapi.

Teknik yang disebut dengan nama ‘cryotherapy’ ini sudah digunakan untuk mengobati kanker prostat. Caranya dengan memasukkan beberapa jarum yang mengandung gas super dingin ke tumor. Hasilnya, sel-sel kanker payudara ini dapat dihancurkan dengan menggunakan gas super-dingin tersebut.

Terapi pembekuan sel-sel kanker ini sebelumnya memang telah diuji coba untuk menyembuhkan kanker payudara. Tapi, kini tekniknya telah dikembangkan dan teknik ini adalah pertama kalinya versi invasif minimal, yang tidak memerlukan pembedahan.

Berdasarkan data dari laman dailymail.co.uk menyatakan bahwa setiap tahun lebih dari 45.000 wanita di Inggris terdiagnosis menderita kanker payudara dan sekitar 12.000 kematian terjadi akibat penyakit ini.

Rata-rata mereka yang mengidap kanker payudara mengaku, sangat takut jika menghadapi operasi untuk mengangkat sel-sel kanker. Selain itu, pembedahan untuk memotong jaringan kanker ganas juga diketahui dapat memiliki dampak psikologis mendalam pada pasien. Kemoterapi dan radioterapi juga memiliki kelemahan serius dalam bentuk komplikasi dan efek samping.

Beberapa wanita dengan kanker payudara pun menolak untuk menjalani pembedahan, karena akibatnya dianggap berisiko. Itulah sebabnya diciptakan alternatif lain sebagai terapi pembekuan sel kanker dan sekaligus sebagai pengobatan baru.

Dalam penelitian terbaru, 13 wanita dengan kanker payudara yang menerima terapi kanker bisa bebas dari sel kanker sampai lima tahun kemudian. Dokter melihat memang ada tanda-tanda penyakit bisa kambuh, namun mereka mencatat tidak ada komplikasi signifikan.

Peneliti utama dr. Petrus Littrup, dari Barbara Ann Karmanos Cancer Institute di Detroit, AS, mengatakan, meski ‘minimal-invasif cryotherapy’ bisa dijadikan sebagai potensi pengobatan baru untuk kanker payudara, tetapi perlu diuji lebih lanjut.

Dr. Caitlin Palframan, dari Breakthrough Breast Cancer pun menambahkan, ‘cryotherapy adalah teknik percobaan yang sedang dipandang sebagai alternatif potensial untuk mengatasi kanker payudara.

sumber: Petti Lubis, Lutfi Dwi Puji Astuti, vivanews.com


Artikel Yang Mungkin Berkaitan :

  1. 6 Makanan Berikut Merangsang Otak, Meningkatkan Hormon dan Vitalitas,
  2. Zat Antiseptik Bisa Merusak Gigi
  3. Gangguan Autis Pada Anak
  4. Teh Disinyalir Dapat Perangi Kegemukan
  5. Cara Mengetahui, Apakah Payudara Anda Bemasalah?
  6. Inilah 5 Tanda Masalah Pada Jantung Anda
  7. Berikut Adalah Jenis – Jenis Pembengkakan Saluran Kencing
  8. Ternyata Mendingan Tempat Duduk Kloset Daripada Keyboard
  9. 5 Tips Kenyang Lebih Lama
  10. Lintah Kembali Berjasa bagi Dunia Medik