Dapatkan info penting lainnya dari kami!

Email anda :


Share

KINI telah resmi, para dokter dari Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS merekomendasikan bahwa anak laki-laki berusia 11- 12 tahun juga harus mendapatkan vaksin HPV Gardasil dalam rangka pencegahan kanker serviks, seperti dikutip dari Shine.

HPV atau human papilloma virus adalah sekelompok virus yang menyebar melalui kulit dan kontak seksual. Ada lebih dari 100 jenis HPV dan hanya sekitar 15 jenis yang menyebabkan infeksi genital dan kanker vagina, vulva, anus, penis, dan tenggorok, serta kanker serviks.

Adapun imunisasi pada anak laki-laki direkomendasikan sebelum mereka menjadi aktif secara seksual. Ini dalam upaya mencegah mereka menularkan HPV kepada pasangan seksual mereka di masa depan.

Meskipun HPV paling sering dikaitkan dengan kanker serviks, sebuah studi yang diterbitkan pada awal tahun ini di jurnal The Lancet menunjukkan bahwa 50 persen laki-laki mungkin terinfeksi dengan beberapa bentuk virus itu.

Vaksin ini sebelumnya memang terbilang kontroversial. Kala itu, CDC pertama kali merekomendasikan vaksin sebanyak 3 suntikan untuk remaja putri dan perempuan dewasa berusia 9 sampai 26 tahun. Para orang tua juga disarankan untuk memvaksinasi putri mereka yang berusia 11-12 tahun. Alasannya, remaja putri divaksinasi sebelum mereka menjadi aktif secara seksual, mereka akan benar-benar terlindungi dari risiko kanker serviks. Karena, vaksin ini tidak bisa melindungi mereka yang telah terkena HPV.

sumber: mediaindonesia.com


Artikel Yang Mungkin Berkaitan :

  1. Makan Daging Kurban, Waspada Kena GERD!
  2. Mau Tetap Awet Muda? Hindari 6 kebiasaan Berikut!
  3. Jangan Perlakukan 7 Hal Berikut Terhadap Vagina Anda
  4. Inilah Fakta, Kopi Bikin Anda Lebih Sehat!
  5. 10 Hal Berikut Sangat Mempengaruhi Kesuburan Pria
  6. Waktu Tidur Bisa Mempengaruhi Berat Badan
  7. Afrika Selatan Ujicoba Vaksin HIV
  8. Kanker Mulut Penyebar Kanker Lain di Tubuh
  9. Orang Tua Harus Ketahui, Tiga Tahap Perkembangan Otak Anak
  10. Awet Muda dan Panjang Umur Dengan Royal Jelly