Dapatkan info penting lainnya dari kami!

Email anda :


Share

Dunia memperingati Hari AIDS Sedunia pada tanggal 1 Desember lalu. Kesadaran akan kesehatan diri adalah faktor utama untuk menghentikan penyebaran penyakit tersebut.

Penyakit menular, terutama penyakit yang dengan mudah menular antar manusia, sifatnya sangat berbahaya. Segera periksakan diri bila Anda merasa ada sesuatu yang salah dengan kondisi tubuh.

Bagaimanapun juga, ada beberapa penyakit yang sulit didiagnosis, bahkan kadang tidak menunjukkan gejala sama sekali. Padahal penyakit ini sudah lama bercokol dalam tubuh. Berikut lima penyakit yang sering tidak disadari kehadirannya, yang juga diidap oleh beberapa selebriti.

1. Penyakit jantung. Penyakit ini lebih sulit dideteksi bila diidap oleh perempuan. Perempuan cenderung mengidap plak yang menyebar lebih merata di bagian arteri atau pembuluh darah sehingga menyulitkan dokter untuk mendeteksinya dengan tepat, bukan penutupan arteri utama yang lebih mudah dilihat. Blokade arteri atau pembuluh darah semacam itu bisa menyebabkan rasa sakit dan kelelahan hingga menimbulkan serangan jantung bila tidak ditangani dengan baik. Toni Braxton adalah salah satu artis yang mengidap penyakit jantung.

2. HPV (Human Papillomavirus). Farrah Fawcett beberapa waktu lalu meninggal karena terkena kanker anal. 90 persen kasus kanker anal dipicu oleh HPV. HPV cenderung tidak menimbulkan gejala dan pengidapnya tidak menyadari keberadaan penyakit itu. Ini tentu saja berbahaya karena HPV sangat erat kaitannya dengan kanker serviks. Ini menunjukkan betapa pentingnya menerapkan hubungan seksual yang sehat.

3. Hypothyroidism atau tiroid yang kurang berfungsi aktif, adalah salah satu penyakit yang banyak diidap dan paling jarang terdeteksi di berbagai negara. Gejala-gejala yang ditimbulkan antara lain penambahan berat badan, pembengkakan wajah dan kelopak mata, bibir menebal, perasaan dingin padahal orang lain tidak merasakannya, kulit terasa kering tidak wajar, bicara menjadi pelan, kuku rapuh, dan sering merasa sakit kepala. Oprah Winfrey mengidap penyakit ini.

4. Lupus adalah penyakit yang menyerang kekebalan tubuh. Ada lupus yang ringan, adapula yang sangat parah meski jarang ditemukan. Penyakit lupus lebih banyak ditemukan pada perempuan. Gejala-gejalanya meliputi ruam berbentuk kupu-kupu di pipi, kelelahan atau malaise, dan demam yang tidak diketahui sebabnya. Namun perlu tes dignostik untuk membedakannya dengan gangguan lain seperti fibromyalgia, diabetes, dan depresi. Raja musik pop Michael Jackson adalah penderita lupus. Ia didiagnosa menderita lupus beberapa waktu setelah lagu hitsnya, “Thriller” dirilis pada 1984.

5. Penyakit Lyme adalah infeksi bakteri yang disebabkan oleh kutu. Penyakit ini sulit dideteksi karena gejala yang ditimbulkan samar-samar, kadang muncul ruam, kelelahan, nyeri, dan malaise. Penyakit ini bisa diobati dengan mudah dengan obat antibiotik. Parker Posey didiagnosis mengidap penyakit Lyme Disease saat menyiapkan pertunjukan Off-Broadway “This”.

sumber: Irina Damayanti, Harriska Farida Adiati, VIVAnews.com


Artikel Yang Mungkin Berkaitan :

  1. Mau Tau Cara Menggemukkan Badan?
  2. Deteksi Dini Kanker Usus Besar
  3. Gingivitis : Radang Gusi, Bengkak dan Merah
  4. Mengenali Demam Typhoid
  5. Di Masa Subur, Perempuan Ingin Diperhatikan Pria
  6. Seks Usia Muda Sebabkan Risiko Kanker
  7. Inilah 10 Makanan Penyebab Bau Badan
  8. Vitamin B Berbahaya Bagi Penderita Sakit Jantung?
  9. Fakta Mengenai Khitan: Benarkah Menghilangkan Kenikmatan?
  10. Hati – Hati! 10 Penyakit Berbahaya Berikut Ditularkan Antar Spesies