Dapatkan info penting lainnya dari kami!

Email anda :


Share

Bertolak-belakang dengan apa yang diresepkan oleh banyak dokter, penggunaan aspirin untuk jangka panjang dengan dosis lebih tinggi dari 75 sampai 81 miligram tak meningkatkan pencegahan sakit jantung tapi justru meningkatkan resiko pendarahan perut, demikian hasil temuan baru.

Menurut laporan dalam Journal of American Medical Association, lebih dari 50 juta orang dewasa di AS menjalani terapi aspirin jangka panjang untuk pencegahan sakit jantung, tapi dosis optimal harian masih menjadi topik perdebatan.

Guna menentukan dosis paling cepat dan paling efektif, Dr Charles L Campbell dari University of Kentucky di Lexington, dan rekannya melakukan kajian atas berbagai studi yang relevan yang diidentifikasi melalui penelitian bank data medis MEDLINE dan EMBASE.

Penulis studi tersebut mendapati bahwa meskipun dosis aspirin sebanyak 1.300 miligram per hari disetujui bagi penggunaan klinis, data ilmiah menunjukkan bahwa dosis sebanyak 30 miligram per hari memberi dampak fisiologis penuh. Dosis yang paling umum diberikan di AS ialah 81 miligram per hari dan kemudian 325 miligram per hari.

Data dari studi sebelumnya, terutama temuan mengenai pencegahan terulangnya serangan jantung, menunjukkan bahwa penggunaan aspirin dengan dosis di atas 75 sampai 81 miligram per hari tak meningkatkan keefektifan, tapi itu memang menaikkan resiko pendarahan perut.

“Hubungan antara peningkatan dosis aspirin dan resiko peristiwa yang merugikan telah dikonfirmasi dalam banyak studi, sedangkan tak adanya hubungan dosis telah diidentifikasi bagi kemanjuran,” kata penulis studi tersebut. Pada masa depan, terapi antiplatelet tampaknya akan dirancang bagi pasien perorangan, kata mereka, demikian Reuters melaporkan. (yz)


Artikel Yang Mungkin Berkaitan :

  1. Implan Payudara, Tertarik? Inilah 5 Fakta Yang Perlu Anda Ketahui
  2. Kerja Shift Malam Rentan Terkena Kanker
  3. Meramal Datangnya Penyakit Jantung
  4. Inilah Keburukan Ganja bagi Anak saat Dewasa
  5. Mau Diet Tanpa “Tersiksa” ? Ikuti 8 Tips Berikut
  6. Imunisasi Juga Penting Untuk Orang Dewasa
  7. 7 Kiat Pilih Dokter
  8. Kenapa Payudara Nyeri Jelang Menstruasi?
  9. Awas! Ponsel Bisa Turunkan ‘Kualitas’ Pria
  10. Begadang Sebabkan Tukak Pencernaan