Dapatkan info penting lainnya dari kami!

Email anda :


Share

Hepatitis A merupakan salah satu bentuk infeksi virus yang sering ditemui dalam masyarakat. Indonesia sendiri termasuk dalam negara endemik hepatitis A, bahkan menurut sebuah penelitian, hampir 80 persen penduduk usia dewasa di Jakarta pernah terinfeksi virus ini.

Virus hepatitis A ditularkan melalui makanan dan minuman yang tercemar. Setelah mengalami hepatitis A biasanya penderita akan mempunyai antibodi yang bersifat melindungi penderita dari penularan baru. Antibodi ini bisa dideteksi meski infeksi hepatitis A sudah lama terjadi.

“Dulu, kami pernah melakukan penelitian terhadap penduduk Jakarta usia dewasa, ternyata hampir 80 persen sudah pernah kena hepatitis A,” kata dr.Unggul Budihusodo Sp.PD, konsultan gastroenterohepatologi dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI).

Kebanyakan pasien hepatitis A akan sembuh dengan beristirahat secara total, namun ada juga yang menjadi fatal, meski jumlahnya sangat sedikit.

“Hepatitis A menjadi kronik bahkan menimbulkan kematian jika sebelumnya penderita sudah terinfeksi virus lain, misalnya hepatitis B atau C yang tidak bergejala. Jika tertular hepatitis A akibatnya bisa fatal. Ini disebut juga super infeksi,” paparnya.

Virus hepatitis A pada umumnya ditemukan di negara yang kurang terjamin kebersihannya. “Di negara yang bersih hampir tidak ada yang kena hepatitis A,” ujarnya.

sumber: kompas.com


Artikel Yang Mungkin Berkaitan :

  1. Kanker Payudara Triple Negative Memiliki 50 Mutasi
  2. Obat Penurun Kolesterol Aman Dikonsumsi Jangka Panjang
  3. Agar Tak Masuk Bui Pecandu Narkoba Segera Lapor ke Tenaga Medis
  4. Manuel Uribe, Manusia Terberat Didunia Akhirnya Menikah
  5. Download Rekaman Black Box Adam Air (MP3)
  6. Kemenangan Kedua Keluarga Cendana di 2008
  7. Bayi Berbobot 28 Kilogram
  8. Akhir Petualangan “Bocah 10 Ribu Dolar”
  9. Generasi Indonesia Semakin Pendek dan Gemuk
  10. Bank Dunia Kebobolan, Cybercrime?