Dapatkan info penting lainnya dari kami!

Email anda :


Share

Media internet telah jamak jadi sarana kampanye politik masa kini, khususnya di Amerika Serikat. Tidak menutup kemungkinan juga di Indonesia dalam musim kampanye 2009 meski skalanya barangkali masih kecil-kecilan.

Kandidat presiden AS Barack Obama dan John McCain misalnya, benar-benar memanfaatkan internet untuk meraih simpati. Mereka berkampanye via blog, situs, e-mail, video internet dan tak ketinggalan di YouTube atau Facebook.

Akan tetapi, seberapa efektif kampanye online ini dalam menarik dukungan pada kandidat?

Beberapa kalangan menyatakan kampanye online memang efektif bahkan dinilai menjadi kunci kemenangan Obama atas Hillary Clinton saat perebutan nominasi Partai Demokrat. Namun seperti dikutip detikINET dari AZcentral, ada pula yang meragukannya.

Menurut Paul Jones, profesor bidang teknologi di University of North Carolina (UNC), kampanye online bisa tak berpengaruh apapun. Alasannya, orang tetap lebih memperhatikan asal-usul kandidat dan tidak terpengaruh bujuk rayu kampanye di dunia maya.

Namun lain lagi pendapat akademisi UNC lainnya, Kevin Gamiel. Menurutnya, kampanye melalui internet tetap punya efek untuk mempersuasi orang agar menjatuhkan pilihan pada kandidat. Hal ini didukung mudahnya mengakses kampanye politik di internet.

Fenomena Facebook
Di situs jejaring sosial Facebook, Barack Obama punya lebih banyak suporter daripada John McCain. Demikian dikatakan akademisi Brigham Young University, profesor Richard Davis. Namun lagi-lagi dipertanyakan apakah keunggulan ini cukup efektif sebagai sarana untuk mendulang suara.

Menurut Davis, bisa jadi keunggulan di Facebook ini tak akan berarti banyak bagi Obama pada saat hari H pemilu. Pasalnya, kebanyakan pemakai Facebook masih berusia muda yang dalam sejarahnya sering memilih menjadi golput.

sumber: Fino Yurio Kristo – detikinet.com

Trus, ada kemungkinan ga yach, facebooknya indonesia (http://www.kombes.com) The Indonesian Social Networking, dipakai juga untuk sarana kampanye politik di indonesia?


Artikel Yang Mungkin Berkaitan :

  1. Bisnis Affiliasi Terbaru, Blogger Indonesia Belum Banyak Yang Tahu
  2. Beberapa Kelemahan Gmail
  3. Chrome, Browser Cantik dari Google
  4. Facebook Pasti Akan Memungut Bayaran!
  5. RI cabut blokade YouTube
  6. Berbagi Ilmu Setelah Kontes SEO NowGoogle.Com
  7. Google Sandbox
  8. 65 Persen Karyawan Pengguna Social Networking, Jauh Lebih Efisien
  9. Petunjuk Dasar Kontrol Terhadap Spam
  10. Lebih Jauh Dengan SponsoredReviews.Com