Pulpen Promosi


Dapatkan info penting lainnya dari kami!

Email anda :



Putaran arus website bertipe portal berita kini sedang kencang-kencangnya. Masing-masing perusahaan yang ingin mengklaim sebagai portal berita ternama terus berbenah. Tak hanya perusahaan, website komunitas, pemerintah, swasta, nonprofit , dan website pribadi melirik tampilan portal berita. Inilah senjakala bagi blog!

Ketika portal Kompas.com berbenah menjadi bentuk yang sekarang ini bisa dinikmati, portal-portal lain juga ikut memperbaiki tampilan halaman depan. Berikutnya juga disusul gelombang euforia mendirikan portal berita oleh perusahaan-perusahaan lain.

Jauh sebelumnya, pertempuran di tingkat software gratis untuk membangun website bertipe Content Management System (CMS) sudah terjadi. Mereka telah matang untuk bermain sebagai software untuk keperluan portal berita.

Blogger akan tetap bekerja mengisi blog-nya. Tapi, penyedia jasa blog gratisan, seperti Blogger.com, lambat laun akan ditinggalkan penggunanya jika tidak segera berubah tampilan.

Entah mengapa, semua merujuk tampilan website-website portal berita sebagai capaian ke depan dan hanya menjadikan tampilan blog yang datar sebagai fasilitas tambahan dan bagian romantika masa lalu saja. Blog masih diperlukan, tetapi hanya untuk keperluan sifatnya personal.

Nurcholis, seorang pendiri CMS Endonesia (www.endonesia.org), bahkan jauh-jauh hari, sekitar tahun 2000, sudah memproklamasikan “say no to blog”. Katanya dengan kejam, “Kenapa membangun blog kalau bisa membangun portal? Blog itu mainan anak-anak, mulai sekarang tiap orang bisa memiliki portal.”

Berbagai CMS tingkat dunia yang sekarang masih aktif contohnya Drupal, Joomla, Dragonfly, PHP-Nuke, PostNuke, Mambo, dan masih banyak lagi. CMS ini biasanya berbasis bahasa pemrograman PHP dengan database MySQL. Software kategori open source ini gratis digunakan oleh siapa pun, inilah yang mengakibatkan penyebaran CMS ini begitu cepat ke seluruh dunia.

Kemampuan CMS untuk bisa atau cocok digunakan sebagai website portal berita seolah telah menjadi visi bersama dari CMS- CMS yang ada. Karena itu, pertarungan mereka selain membangun platform keamanan yang tinggi, juga bagaimana tampil elegan seperti portal berita.

Yang disebut tampilan berita adalah kemudahan mengelola headline berita, menyusupkan foto-foto dalam berita, kemudahan manaruh banner atau iklan, kecenderungan memakai tampilan tiga kolom, dan penggunaan tab- tab kecil untuk berita-berita terkini non-headline.

Perubahan WordPress
Kecenderungan migrasi ke tampilan portal sudah terendus di penyedia software ternama untuk blog, WordPress. Kini, WordPress juga menjadikan fleksibilitas untuk tampil layaknya portal berita. Maka, beberapa webmaster sering mengolok-olok WordPress kini mulai “murtad” karena keluar dari “khittah” sebagai software blog.

Tampilan software blog dianggap menjemukan. Maka, lahirlah prakarsa membuat theme (semacam “baju” tampilan website yang bisa diganti-ganti sesuai keinginan) yang cocok untuk berita.

Beberapa yang dominan adalah www.revolutiontheme.com yang membandrol harga theme WordPress hingga 79,95 dollar AS untuk satu website. Harga ini termasuk mahal untuk harga theme CMS gratisan. Mungkin, inilah harga yang harus dibayar untuk mengoprek software blog menjadi portal berita.

Akan tetapi, jangan khawatir karena selalu ada theme gratisan. Misalnya, www.darrenhoyt.com mengeluarkan Mimbo Magazine. Tampilan ini bisa dilihat pada website komunitas astronomi Indonesia, www.langitselatan.com.

Kemudian, turunan dari Mimbo adalah Branford Magazine yang juga gratis, www.wp-themes.der-prinz.com/magazine/. Dengan lahirnya banyak theme yang menunjang tampilan portal berita, membuat penggemar WordPress leluasa bermigrasi dari wajah blog yang berkesan zaman dulu menjadi lebih tertata rapi dan bisa tampil

Sela waktu dikantor, isi dengan berTrading Forex di Marketiva

1. Membuka Account Gratis. Daftar Disini!
2. Mendapat $5 Gratis.
3. Hanya dengan $1 sudah bisa bertrading.
4. Keamanan yang cukup bagus.
5. Memperoleh Software untuk bertrading secara real time.
6. Tersedia support berbahasa melayu.
7. Mendapatkan uang virtual, untuk latihan trading.

Tutorial 1 | Tutorial 2 | Tutorial 3 | Tutorial 4 | Tutorial 5
Tutorial 6 | Tutorial 7 | Tutorial 8 | Tutorial 9 | Tutorial 10

Download Ebook Gratis


Artikel Yang Mungkin Berkaitan :
  1. Ulama Jatim Akan Fatwakan Facebook
  2. Dapatkan Income Dari Blog Berbahasa Indonesia
  3. 30+ Game Online Multiplayer Gratis (MMORPG game)
  4. 10 Macam Tipe Blog
  5. Mengakses Yahoo! Mail dari Outlook Express / Thunderbird dengan YPOPs!
  6. Keuntungan Bisnis High Yield Investment Program : Profit Clicking
  7. Plug-in penting “Wajib” di WordPress anda
  8. Raup Dollar Dari Blog Anda Dengan Ask2Link
  9. Uji, Seberapa Cepat Google Mengindex, Situs Social Bookmarking
  10. ABG Panggilan, Sekarang Bisa di Pesan Via Facebook. Mau?