Dapatkan info penting lainnya dari kami!

Email anda :


Share

Sebagai ilustrasi, pengguna cloud dapat menyimpan foto melalui ponsel pintarnya dan kemudian melihat foto tersebut di komputer ataupun perangkat lain yang juga menggunakan aplikasi cloud. Di bawah ini terdapat lima aplikasi cloud yang dapat diunduh secara gratis dari toko daring untuk ponsel pintar dan komputer tablet serta komputer atau laptop.

Komputasi awan atau cloud computing merupakan teknologi yang dapat digunakan untuk meyimpan data secara virtual. Saat ini sudah banyak aplikasi Cloud yang dapat digunakan pengguna ponsel pintar maupun komputer tablet agar dapat menyiasati keterbatasan ukuran storage di perangkatnya.

1. Dropbox
Dengan Dropbox, penggunanya dapat menyimpan bermacam-macam data dengan berbagai format. Aplikasi ini tersedia secara gratis di Google Play Store untuk perangkat Android, Apps Store untuk pengguna perangkat Ios serta komputer berbasis Windows, Mac, dan Linux.

2. Google Drive
Untuk saat ini Google Drive baru bisa diunduh untuk perangkat yang menggunakan sistem operasi Android saja. Sama seperti Dropbox, pengguna dapat mengunggah berbagai macam data ke Google Drive. Kelebihan aplikasi ini ialah sudah terintegrasi dengan Google Docs. Bahkan, pengguna bisa melakukan pengaturan dokumen.

Google menjanjikan kehadiran Google Drive di Apps Store dalam waktu dekat ini agar bisa digunakan di Ipad dan Iphone.

3. Box
Box dapat digunakan di perangkat Android dan Ios. Secara garis besar fungsinya sama dengan dua aplikasi di atas.

4. Icloud
Kalau Google memiliki Google Drive, Apple punya Icloud. Aplikasi ini dapat bekerja di komputer Mac dan Windows. Tapi Icloud tidak dapat digunakan di perangkat berbasis Android. Pengguna Iphone, Ipad dan Ipod Touch yang sudah menggunakan Ios 5 akan mendapatkan Icloud secara gratis.

5. Evernote
Pada dasarnya Evernote merupakan aplikasi memo namun memiliki fitur kamera untuk mengambil gambar. Sayangnya Evernote tidak bisa menyimpan data yang berupa video atau musik. Saat ini Evernote sudah dapat diunduh oleh pengguna Android, Ios dan komputer.

Di komputer, penggunanya dapat memasang aplikasi atau membuka situs Evernote dengan berbagai peramban.

sumber: mediaindonesia.com


Artikel Yang Mungkin Berkaitan :

  1. 5 Tips Memilih Layanan Internet
  2. Tips Memilih Hosting Yang Berkualitas
  3. 10+ Tool untuk SEO: Optimisasi Website/Blog Anda Agar Mudah Ditemukan Orang
  4. Tips Menjaga Keawetan Komputer
  5. Bisnis Baru Untuk Blogger Indonesia! Terbaru Dari Swedia
  6. Chrome, Browser Cantik dari Google
  7. Friendster Rekrut Petinggi Google Asia
  8. Mengkonfigurasi FTP Hosting untuk Webcam
  9. Cara Mencari File PDF / Ebook Menggunakan 4 PDF Search Engine Secara Bersamaan
  10. 8 Langkah Jitu Menghindari Spam