Dapatkan info penting lainnya dari kami!

Email anda :


Share

Bagi webmaster senior mahluk satu ini adalah kesukaanya. Bagi webdesigner gak penting tuh. Tapi bagi pelaku penjualan barang (ecommerce) mahluk ini adalah dambaanya. Bagi pelaku SEO, hueh lezatnya. Bagi pemasaran lewat internet (internet marketing) kedahsyatannya luarbiasa. Bagi anda, bagaimana? Bingung dengan mahluk ini. Atau mumet karena susah mengertinya. Bagi saya Om GOOGLE ANALYTICS, itu menyebalkan tapi kurindukan. (Tai kucing rasa coklat dah). Setiap harinya google analytics seperti lagunya elvi sukaesih, “Basah-basah sekujur tubuhku, Ah-ah-ah mandi PELUH”. Mau tau apa dan bagaimana google analytics, telusuri artikel ini.

Memahami google analytic (google analitik atau google analitis) bagi penyuka statistik adalah indah. Namun buat peselancar web dia tidak dihiraukan. Namun bagi analisis situs, ini adalah pekerjaan yang menjemukan. Kok bisa?

Google analytic (google analitik atau google analitis) banyak berkutat di angka dan grafik-grafik matematis. Memahaminya butuh panadol, obat migrain, puyer bintang 7 dan sedikit es kelapa muda. Banyak penjelasan angka dan symbol grafik yang bikin keset mata. Belum lagi istilah-istilah yang mumet dan jlimet yang tak ditemukan di bangku taman atau bangku bioskop. Malah bagi pemula, google analytic sangat menyebalkan. Hanya 3-5 point analisis yang dinikmati, sisanya menyusahkan.

Bagaimana google analytic bekerja
Google analytic bekerja sama seperti intelejen. Diam-diam, tidak terlacak, sunyi dan sepi tanpa suara. Malah pada browser internet explorer, kehadirannya seperti hantu. Masuk tanpa diundang, pulang tanpa diantar. Saat anda mengetikan domain www.syarifudin.web.id dan menekan enter, secepat itu pula google analytic langsung bekerja. Semua seperti hantu.

Bagi para coders, jejaknya terlacakdengan meninggalkan script urchin.js yang disisakan di temporary files. Sudah milyaran komputer terinfeksi script urchin.js ini. Sekian milyar orang tak menyentuhnya. Bermodalkan data user-agent (data mata-mata browser pengguna), Google analytic bekerja dengan sistem LOG. Entry Log sebuah situs langsung dicatat dalam aktivitas browsing atau downloading.

Bagi muslim, Google analytic mengerjakan fungsi-fungsi malaikat Raqib dan Atid. Bedanya kedua malaikat ini mencatat perilaku manusia di dunia, google analytic mencatat perilaku pengguna/pemakai/pengunjung sebuah situs. Kata Om google, pengguna/pemakai internet tidak akan bisa me menghindar dari aksi google analytic ini. Sehingga aktivitas manusia yang terkoneksi dengan internet dapat dianalisis.

syarifudin.web.id

Bagi sebagian pemilik blog, mungkin terramat suangat uingin swekali mengetahui data-data dari para pengunjung blognya. Hal tersebut dijuntukkan dengan adanya bermacam-macam pernak-pernik yang ada di blognya, seperti misalnya “Hit Counter”, “Site Track Meter”, “Alat pendeteksi jumlah pengunjung”, “Alat pendeteksi Tsunami (eh, yg ini nggak deng)”, dll. Nah buat kamu yang termasuk kedalam golongan umat ini, ada sebuah layanan masyarakat dari Pak Dhe “Google”, namanya Google Analytics. Bagi yang sering bergentayangan di dunia maya mungkin tahu apa itu Google Analytics, tapi bagi yang masih Newbe ato masih O-On (jangan marah ya dikatakan o’on) pasti belum tahu atao tahu tapi dikit. Nha.. disini akan coba saya terangkan tentang Google Analytics. Simaklah dengan cermat penjelasan berikut ini:

Google Analytics berbeda dengan Hit Counter. Hit Counter biasanya hanya menghitung jumlah pengunjung yang datang untuk menjenguk (emangnya sakit). Sedangkan Google Analytics, beliau tidak hanya menghitung jumlah para pengunjung tapi juga data-data yang lainnya, misalnya tentang:

  1. Berapa pengunjung yang datang tiap harinya
  2. Berapa lama mereka nognkrong di blog kamu
  3. Browser apa yang mereka gunakan
  4. Dengan cara apa mereka datang, misalnya naik angkot ato jalan kaki (maksudnya lewat search engine, lewat situs orang lain atao langsung datang mak pedunduk).
  5. Dari negara mana mereka datang
  6. Dari kota mana
  7. umurnya berapa
  8. Anaknya siapa
  9. Udah punya pacar apa belum
  10. Ortunya galak ga, dll

NB: Tiga poin terakhir bo’ong.

Nah, pengen gak tuh? kalo pengen daftar disini http://google.com/analytics
Tapi syarat daftarnya sangat berat, yaitu kamu harus punya account di google. Nah berat banget kan? (berat bagi yang gak bisa baca ngetik). Kalo udah daftar nanti kamu tinggal ngisi form yang disodorkan, tapi sante aja cara ngisinya gampang kok gak kayak di SPMB, diantaranya yaitu ngisi alamt webblog kamu, trus jangan lupa nge-set “Time Zone” tapi harus beli coin dulu (emangnya time zone yang ada di mall2). Trus setelah itu kamu nanti akan dikasih kode/script sama Pak Dhe Google (jangan lupa bilang terima kasih). Selesai??? belooommmmm… masih ada lagi..

Nha setelah itu kopi kode/script tersebut, trus login ke blogger Klik Templat –>> Edit HTML. Paste kode/script yang udah dikopi kedalam tag HTML yaitu sebelum tag jangan lupa disimpan.

Selesai??? Belooommm…

Kembali lagi ke google.com/analytics, kamu harus mengklikCheck Status dulu (Dicek apakah kamu masih single atau doble). Kalo udah berhasil maka akan ada tandanya, kalo belum ya dicoba lagi. Datanya baru akan muncul satu hari kemudian, jadi ini bukan seperti hit conter yang datanya akan langsung berubah tiap detik tapi data-data google.com/analytics ini akan muncul tiap ganti hari.

trik-tips.blogspot.com


Artikel Yang Mungkin Berkaitan :

  1. Cara Mendapatkan Backlink Gratis
  2. Yahoo! Luncurkan Yahoo! Go 3.0 Dalam Bahasa Indonesia
  3. Cara Membuat Website Sederhana, Mp3 Search Engine. Free!
  4. Inilah 10 Kata Kunci Paling Banyak Dicari Di 2011
  5. Tips “Spektakuler” Cara Mencari Informasi di Internet Dengan Multiple Search Engine
  6. 12 Plugin Komentar Untuk WordPress Yang Mendukung Pengembangan Komunitas Blog
  7. Tips Membongkar Password Tersembunyi
  8. Download Mp3 Gratis Nidji, Dewa, Slank, Gigi, Padi, Godbless, Iwan Fals
  9. Facebook di Blok Kantor, Begini Cara Mengatasinya
  10. 5 Tips Aman Internet Untuk Anak Anda