Dapatkan info penting lainnya dari kami!

Email anda :


Share

Sepiring sajian yang berwarna-warni tidak saja  menggugah selera, melainkan juga memberikan manfaat kesehatan yang berlimpah. Perbedaan warna pada setiap bahan pangan menunjukkan kandungan zat gizi dan phytonutrients (nutrisi penting pada tanaman) yang berbeda.

Semakin banyak variasi warna makanan yang kita konsumsi, semakin lengkap gizi yang didapatkan. Tubuh semakin banyak mendapat antioksidan sehingga mampu memperlambat proses penuaan, vitalitas terjaga, dan terhindar dari serangan penyakit degeneratif. So, let’s paint your plate with color!

Untuk 4 porsi
Bahan:

(waktu persiapan: 10 menit)
5 batang asparagus, kupas batangnya yang keras, potong 10 cm
5 buah jamur kancing, iris tipis
1 buah paprika merah, iris memanjang setebal 1 cm
1 buah terong ungu, iris tipis
1 buah wortel, iris tipis
½ sdt garam
½ sdt merica hitam bubuk
1 sdm minyak zaitun
3-4 sdm balsamic vinegar dressing, siap pakai

Cara membuat:
(waktu memasak: 5 menit)
1.Siapkan semua sayuran. Bubuhi dengan garam dan merica hitam.
2.Panaskan wajan tebal. Panggang sebentar setiap sayuran dengan wajan panas sambil diperciki minyak zaitun. Angkat sayuran setelah agak kecokelatan.
3.Taruh sayuran dalam mangkuk, tambahkan balsamic vinegar dressing. Aduk rata. Segera sajikan.

TIP DAPUR :

  • Agar terhindar dari residu pestisida dan bahan kimia lainnya, sayur dan buah harus dicuci secara seksama. Jika perlu gunakan larutan khusus untuk mencuci sayuran.

TIP SEHAT:
Buah dan sayuran memiliki berbagai variasi warna.Ternyata, beda warnanya beda pula kandungan senyawa aktif dan khasiatnya.

  • Hijau, Mengandung lutein dan indoles, zat antioksidan yang sangat potensial membantu penglihatan dan mengurangi risiko kanker. Sumber: apel hijau, anggur hijau, melon, buah kiwi, jeruk nipis, kacang polong, sayuran daun berwarna hijau, artichoke, asparagus, brokoli, brussel sprout, buncis, okra, paprika hijau, kapri, sukini.
  • Kuning tua hingga jingga (oranye), Kaya karotenoid, bioflavin, dan antioksidan vitamin C. Dibutuhkan untuk menjaga kesehatan jantung dan meningkatkan imunitas. Semakin cerah warnanya, semakin tinggi kandungan karotennya. Sumber: jeruk, aprikot, cantaloupe/melon jingga, mangga, pepaya, nanas, grapefruit, wortel, paprika kuning, jagung manis, ubi, labu kuning.
  • Ungu hingga biru, Warna biru ungu pada bahan pangan menandakan kandungan antosianin dan fenol, yaitu zat atioksidan dan antipenuaan, membantu mempertahankan daya ingat, menjaga kesehatan saluran kencing, dan mengurangi risiko kanker. Sumber: blackberries, blueberries, plum, kismis, purple fig, kol ungu, terong ungu, ubi ungu, kentang ungu.
  • Merah, Warna ini kaya likopen yaitu karotenoid yang berkhasiat antikanker. Menjaga kesehatan jantung, mempertajam penglihatan, dan meningkatan imunitas. Sumber: cranberries, delima merah, anggur merah, stroberi, semangka, ceri, bit, bawang bombai merah, paprika merah, rhubab, tomat.
  • Putih hingga putih kecokelatan, Bawang putih dan bawang bombai, mengandung allicin yakni senyawa antikanker. Sementara, selenium banyak terdapat pada jamur. Kedua zat ini mampu meningkatkan kesehatan jantung, Sumber: pisang, pir, kurma, sirsak, bengkuang, kembang kol, jamur, bawang bombai dan bawang putih, lobak, kentang putih, jagung putih.

Artikel Yang Mungkin Berkaitan :

  1. Artichokes Gratin, Menjaga Kesehatan Janin
  2. Tim Ikan Paprika, Resep Panjang Umur
  3. Inilah Tips Agar Manfaat Protein Shake Lebih Maksimal
  4. Sangat Baik untuk Kontrol Lemak : Ketupat Beras Merah
  5. Jangan Simpan Buah Ini Dalam Kulkas
  6. Inilah 10 Makanan Sehat Yang Bisa Rangsang Metabolisme Tubuh
  7. Ketahui Batas Aman Pengawet Mie Instant
  8. Kerang Bumbu Tomat, Pembakar Gairah Seksual
  9. Guava Watermelon Juice, Tingkatkan Kesuburan
  10. 9 Makanan untuk Perut Rata