Dapatkan info penting lainnya dari kami!

Email anda :


Resep Masakan dan Lifestyle – Selain nasi, roti memang jadi pilihan yang tepat untuk sarapan. Selain rasanya yang enak, roti juga praktis dan mudah diolah.

Hanya saja dari sekian banyak varian roti, seperti roti gandum, roti tawar putih, atau whole grain, mana yang paling sehat?

Ahli gizi dr Rosemary Stanton mengungkapkan bahwa kandungan gizi dari varian roti ini dipengaruhi oleh bahan baku utamanya. Berikut urutan roti tawar dari yang paling sehat menurut Rosemary.

1. Whole grain sour dough
Jenis roti ini adalah yang dianggap paling sehat. Roti ini bisa dicerna tubuh selama 18 jam dan juga memiliki indeks glikemik (IG) yang rendah. Meski jenis rotinya termasuk roti gandum utuh yang kasar, namun para ahli gizi mengungkapkan bahwa roti ini punya nutrisi dan serat yang paling tinggi, sekitar 1-4,5 per potong.

Seperti namanya, roti asli dari Jerman ini memiliki rasa yang agak asam. Maka itu, roti ini dinilai sehat karena adonannya tidak mengandung gula. Sayangnya, di Indonesia roti jenis ini cukup sulit ditemui.

2. Whole grain rye
Ini adalah roti kedua yang dianggap paling sehat. Roti ini terbuat dari gandum rye dan memiliki tekstur yang lebih berat dibanding roti lain karena kandungan glutennya rendah. Roti ini memiliki kandungan serat dan juga vitamin yang tinggi.

3. Whole grain biji-bijian
Varian roti yang satu ini adalah jenis roti yang banyak ditemui di Indonesia. Tekstur rotinya sedikit lebih kasar dibanding dengan roti tawar putih biasa dan umumnya lebih serat saat dimakan. Bedanya dengan roti gandum biasa adalah adanya tambahan biji-bijian seperti biji rami, kedelai, atau biji bunga matahari.

Roti gandum utuh ini memiliki kandungan serat empat kali lebih tinggi daripada roti putih. Roti ini juga memiliki IG yang rendah karena seratnya lebih lama dicerna tubuh. Rosemary mengungkapkan bahwa roti gandum ini sebenarnya paling bagus disantap untuk makan siang (misalnya dibuat sandwich). Makanan ini bisa membantu Anda kenyang lebih lama karena proses pelepasan energinya jadi lebih lama.

4. Gandum
Roti gandum ini berwarna kecoklatan. Namun terkadang, dalam proses pembuatannya adonannya dicampur dengan tepung terigu putih dan dedak gandum. Fungsinya untuk memberikan tekstur yang sedikit lebih lembut.

Meski demikian roti ini masih termasuk roti yang sehat, kok. Hanya saja, gizinya lebih rendah dibanding yang sebelumnya. Roti gandum lebih cepat dicerna dan memiliki IG yang tinggi dibanding whole grain. Roti ini juga memiliki serat yang tinggi, vitamin dan mineral yang lebih tinggi dari tepung terigu, dan juga mengandung yodium serta asam folat.

5. Roti tawar putih
Roti ini dibuat dari roti yang lainnya. Meski sama-sama terbuat dari gandum, roti ini dibuat dari gandum yang sudah dikupas kulitnya. Dengan demikian, warnanya jadi putih.

Meski lebih lembut, namun seratnya lebih sedikit dibanding roti gandum. Roti ini adalah sumber protein dan karbohidrat yang baik. Selain itu roti ini diperkaya dengan thiamin, yodium, dan asam folat. Sayangnya, roti ini bisa meningkatkan IG dalam tubuh. Seratnya juga lebih sedikit sehingga kekenyangannya tidak bertahan lama.

Sumber : Taste.com.au, kompas.com