Dapatkan info penting lainnya dari kami!

Email anda :


Share

Si putih alias keputihan, meski tampaknya tidak berbahaya, namun perlu diwaspadai. Selain membuat penderita merasa tidak nyaman dan kurang pede, keputihan yang parah juga bisa memicu terjadinya kanker rahim.

Keputihan disebabkan oleh infeksi bakteri yeast di dalam saluran vagina. Jika dalam jumlah terbatas, bakteri ini tidak akan menimbulkan gangguan. Tetapi, jika berkembang biak tak terkendali akan memicu infeksi dan menyebabkan keputihan.

Sebuah penelitian yang dilakukan di Long Island Jewish Medical Center, New York, menemukan bahwa infeksi bakteri yeast bisa diatasi dengan mengonsumsi yogurt. Yogurt yang mengandung bakteri Lactobacillus acidhophilus, jenis bakteri baik, dapat mengontrol aktivitas bakteri yeast ini. Menurut Dr Eileen Hilton, ahli penyakit infeksi karean yeast di New York, mengonsumsi minuman berbahan dasar yogurt segelas sehari, dapat mencegah keputihan. Karenanya, lassi – jenis minuman khas India berbahan yogurt dan buah segar – dapat membantu kita mencegah keputihan.

Untuk 2 gelas

Waktu pembuatan : 10 menit

Bahan:
1 buah mangga Arummanis, pilih yang matang
200 ml air jeruk manis (orange)
225 ml yogurt tawar (plain yoghurt)
Es batu secukupnya

Cara membuat:

  • Kupas mangga dan potong-potong.
  • Masukkan mangga, air jeruk manis, yogurt, dan es batu dalam mangkuk blender. Proses hingga lembut.
  • Sajikan segera.


TIP DAPUR :

  • Ciri yogurt yang berkualitas: bertekstur kental, berwarna putih bersih, berbau khas susu asam, dengan rasa¬† yang lembut.
  • Variasi lassi: gunakan buah-buahan bercitarasa manis sebagai campuran lassi, di antaranya pisang, kurma, kismis, peach, pepaya.
  • Pastikan yogurt selalu tersimpan dalam lemari es agar tidak mudah rusak. Sebab, bakteri baik yang terkandung dalam yogurt akan mati pada suhu tinggi.

TIP SEHAT:

  • Kebutuhan kalsium harian adalah untuk orang Asia adalah 1.000-1.200 mg per hari.¬† Semangkuk yogurt tawar (225 ml) mengandung 414 mg kalsium. Ini berarti telah mencukupi 40% kebutuhan kalsium per hari.

Artikel Yang Mungkin Berkaitan :

  1. Quick Ratatouille, Mengeruk Khasiat Terung
  2. Mint & Green Tea, Enyahkan Bau Mulut
  3. Kopi Ternyata Sumber Antioksidan
  4. Inilah 8 Tips Memasak Sehat di Rumah
  5. Inilah 7 Alasan Kenapa Harus Mengkonsumsi Telur Puyuh ?
  6. Rose Hips Punch, Jauhkan Gangguan Saluran Kemih
  7. 5 Suplemen Penting Harus Di Konsumsi Perempuan
  8. Brokoli, Makanan Penting Bagi Diabet
  9. Artichokes Gratin, Menjaga Kesehatan Janin
  10. 10 Makanan Terbaik untuk Kecerdasan Anak