Dapatkan info penting lainnya dari kami!

Email anda :


Share

Petai kerap dianggap sebagai makanan “orang kampung”. Maklumlah, efek memakan petai memang luar biasa. Bau langunya baru akan tercium setelah Anda selesai mengonsumsinya, entah itu dalam bentuk bau mulut atau bau air seni. Karena itulah, banyak “orang kota” yang enggan memakan petai.

Padahal, sayuran ini menyimpan banyak menyimpan manfaat. Petai sangat kaya akan protein sebagaimana famili leguminoceae (kacang-kacangan) pada umumnya. Petai juga mengandung kalsium yang bermanfaat untuk pertumbuhan tulang dan gigi. Vitamin B6 yang terkandung di dalamnya berperan untuk memperbaiki mood seseorang, atau istilahnya cooling product dalam budaya oriental.

Petai juga berkhasiat sebagai antidepresan, karena petai mengandung tryptophan, yakni asam amino yang di dalam tubuh menghasilkan serotonin. Seperti diketahui, serotonin adalah zat yang membuat tubuh merasa rileks serta bahagia. Bisa jadi di masa depan petai akan menggantikan kedudukan cokelat sebagai makanan yang paling dicari saat orang stres.

Kandungan karbohidrat dalam petai mengandung tiga unsur utama, yakni sukrosa, fruktosa, dan glukosa. Ketiganya bermanfaat sebagai energy booster. Jadi, sebelum melakukan kegiatan yang menguras energi, mengonsumsi petai akan sangat bermanfaat sebagai tambahan tenaga.

sumber: (Marfuah Panji Astuti/Tabloid Nakita), kompas.com


Artikel Yang Mungkin Berkaitan :

  1. 10 Makanan Terbaik untuk Kecerdasan Anak
  2. Makanan Penyehat Gigi
  3. Gizi Petai Sekelas Apel
  4. Hindari 4 Makanan Berikut Ini di Saat Haid
  5. Tips Menyimpan Makanan di Kulkas, Masing – Masing Produk Memiliki Ketahanan Berbeda
  6. Honeydew Power Juice, Turunkan Tekanan Darah
  7. Lemon & Lime Sauce Super Antioksidan
  8. Hilangkan Bau Mulut Dengan 6 Makanan Berikut
  9. Inilah 10 Tips Memilih Makanan Sehat
  10. Mint & Green Tea, Enyahkan Bau Mulut