Dapatkan info penting lainnya dari kami!

Email anda :


Share

Sakit kepala sebelah atau akrab disebut migrain seringkali datang walau tak diundang. Migrain bisa terjadi pada siapa saja. Namun, menurut sebuah data penelitian, perempuan yang mengalami migrain jumlahnya tiga kali lebih banyak dibanding laki-laki. Migrain merupakan akibat dari pelebaran dan kontraksi pembuluh darah yang terdapat pada bagian wajah, leher, dan kepala.

Ada beberapa faktor yang diduga sebagai pemicu munculnya serangan migrain. Di antaranya ialah: makanan yang mengandung tirosin (cokelat, keju), histamin (red wine), kafein (kopi dan cola), asam benzoat (pengawet makanan), dan alkohol. Bahkan perubahan hormonal, stres, bunyi-bunyian yang gaduh, bau-bauan tertentu, meningkatnya sensitifitas terhadap cahaya, juga dianggap sebagai pencetus migrain.

Faktor yang paling berperan dalam kasus migrain ialah serotonin, sejenis senyawa kimia dalam otak. Menurunnya kadar serotoin dalam otak berpotensi menimbulkan sakit kepala dan migrain. Cara menstabilkan kadar serotin ialah dengan mengkonsumsi makanan yang kaya serat dan karbohidrat kompleks.

Bahan:
(waktu persiapan: 10 menit)
1 kg kentang tes
1 liter air untuk merebus kentang
150 ml kaldu panas
1 tangkai seledri stik, potong 1 cm
1 sdm daun basil segar, iris kasar

Bumbu:
50 g bawang bombai, cincang halus
2 sdt bawang putih parut
3 sdm minyak sayur
1 sdt air jahe parut
1 sdt garam
1 sdt merica bubuk
1,5 sdm vinegar

Cara membuat:
(waktu memasak: 30 menit)

  • Sikat kulit kentang sampai bersih, lalu rebus kentang sampai matang. Angkat dan dinginkan. Potong kentang bentuk dadu 2 cm. Tata dalam mangkuk salad.
  • Tuangkan kaldu panas ke atas kentang. Aduk rata semua bahan bumbu, lalu tuangkan ke atas kentang. Aduk hingga kentang rata dengan bumbu.
  • Simpan kentang dalam lemari pendingin selama 2 atau 3 jam hingga bumbu meresap.
  • Taburi dengan seledri stik dan daun basil segar, sajikan.

TIP DAPUR :

  • Salad kentang asal Jerman ini memang paling nikmat disajikan dingin. Untuk menghemat waktu, Anda bisa menyiapkan kentang rebus sehari sebelumnya.
  • Untuk memperkaya salad ini, bisa ditambahkan telur rebus cincang atau tuna kalengan.

TIP SEHAT:

  • Padukan bahan pangan yang tinggi karbohidrat kompleks (kentang yang dimakan beserta kulitnya, roti gandum, beras merah) dan serat (aneka sayuran segar) untuk memenuhi kebutuhan serat dan karbohidrat kompleks.
  • Jika Anda sering mengalami migrain yang parah, sebaiknya segera hubungi dokter guna mendapatkan diagnosa yang tepat. Untuk berjaga-jaga, buatlah catatan kira-kira makanan apa yang dicurigai sebagai pemicu migrain.

Artikel Yang Mungkin Berkaitan :

  1. Khasiat Stroberi : Cegah Penuaan dan Kanker
  2. Manfaat Vanila : Untuk Langsing dan Cantik
  3. Chocolate Fudge Cake, Meredakan PMS
  4. Tim Ikan Paprika, Resep Panjang Umur
  5. Inilah Keajaiban Buah Kurma
  6. Salmon Bumbu Jahe, Minimalkan Nyeri Rematik
  7. Inilah Mitos dan Fakta Seputar Makanan Minuman
  8. Cah Bokcoy Tengiri, Andalan Ibu Menyusui
  9. Inilah 5 Jenis Roti Tawar di Urutkan Berdasarkan Gizinya
  10. Inilah 10 Makanan Paling Bergizi di Dunia