Dapatkan info penting lainnya dari kami!

Email anda :


Share

HIPOTENSI atau tekanan darah rendah bisa menjadi masalah serius jika diabaikan. Akan tetapi, ada baiknya mengetahui akar penyebabnya terlebih dahulu. Dengan begitu, gejala-gejala dan akar masalahnya bisa diatasi.

Tekanan darah rendah umumnya disebabkan oleh kebiasaan salah, seperti pola makan buruk. Pola makan buruk akan membuat tubuh kekurangan nutrisi, sehingga aliran darah melambat. Karena itu, cobalah memperhatikan apakah aspek-aspek seperi pola makan atau kehamilan merupakan penyebab hipotensi Anda. Jika sedang hamil, periksalah ke dokter secara teratur.

Selain gaya hidup dan kehamilan, tekanan darah rendah juga bisa disebabkan oleh gangguan kesehatan, seperti penyakit jantung dan penyakit endokrin. Karena itu, periksalah ke dokter untuk mendapatkan diagnosis yang tepat.

Penanganan
Selain obat-obatan kimia, berikut beberapa perubahan gaya hidup dan langkah alami yang bisa Anda coba untuk membantu mengatasi hipotensi:

Perbanyak garam. Bagi penderita tekanan darah rendah, hal ini bisa bermanfaat. Namun karena kelebihan sodium bisa bisa menyebabkan gagal jantung, khususnya pada orang dewasa, pastikan berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu. Jika dokter Anda menganjurkan menambah asupan sodium tapi Anda tidak suka banyak garam, cobalah menggunakan kecap alami.

Perbanyak asupan air, kurangi alkohol. Alkohol membuat Anda dehidrasi dan menurunkan tekanan darah, bahkan jika diminum dalam jumlah sedang. Sedang air mengatasi dehidrasi dan meningkatkan volume darah.

Ikuti pola diet sehat. Dapatkan semua nutrisi yang Anda perlukan dengan fokus pada beragam makanan, termasuk whole grain, buah-buahan, sayuran, ayam tanpa kulit dan ikan.

Ubah posisi tubuh secara perlahan. Anda bisa mengurangi pusing saat berdiri dengan cara berdiri perlahan. Sebelum bangun dari tempat tidur di pagi hari, tarik nafas dalam-dalam selama beberapa menit kemudian duduk perlahan sebelum berdiri. Untuk melawan efek gravitasi, cobalah tidur dengan sedikit mempertinggi kepala tempat tidur Anda. Jika mulai mengalami gejala saat berdiri, silangkan paha Anda dalam posisi seperti gunting dan tekan, atau letakkan salah satu kaki di pinggir kursi dan condongkan badan ke depan sejauh mungkin. Gerakan ini mendorong darah bergerak dari kaki ke jantung Anda.

Makan porsi kecil dan konsumsi makanan rendah karbohidrat. Untuk mencegah penurunan tekanan darah drastis setelah makan, konsumsilah makanan dalam porsi kecil beberapa kali sehari. Selain itu, batasi makanan tinggi karbohidrat seperti kentang, nasi, pasta dan roti.

Kenakan stocking yang bisa menekan (compression stocking). Stocking elastis yang umum digunakan untuk meredakan rasa sakit dan pembengkakan pembuluh darah vena bisa membantu mengurangi penumpukan darah di kaki Anda.

sumber: Ikarowina Tarigan, mediaindonesia.com


Artikel Yang Mungkin Berkaitan :

  1. Penyakit Timbul dari Hati
  2. Jenis-Jenis “Ketakutan” Manusia / Nama – Nama Phopbia
  3. Cara Mengobati Penyakit Jantung Bawaan Anak Tanpa Operasi
  4. Kopi Diduga Kurangi Risiko Kanker Hati
  5. Mau Payudara Sehat Dan Indah? Berikut 5 Tipsnya
  6. Tentang Thalasemia
  7. Banyak Perempuan Ogah Pakai Kontrasepsi
  8. Berikut 9 Tips Panjang Umur
  9. Mau Punya Anak Cowok? Begini Caranya
  10. Gigi Awet Sampai Tua