Dapatkan info penting lainnya dari kami!

Email anda :


Share

Cengkeh dinilai sebagai rempah-rempah dengan kandungan antioksidan terbaik. Maka itu, disarankan, rempah-rempah ini digunakan dalam berbagai jenis makanan sebagai antioksidan alami.

Hal itu pun telah diungkapkan para peneliti dari Miguel Hernández University. Mereka telah mengidentifikasi Cengkeh (Syzygium aromaticum) sebagai rempah-rempah antioksidan terbaik karena terbukti kaya senyawa fenolik dan sifat-sifat lainnya.

“Dari lima sifat antioksidan yang diuji, Cengkeh memiliki kemampuan tertinggi untuk mengeluarkan hidrogen, mengurangi peroksidasi lipid dan besi,” kata Juana Fernández-López, salah satu peneliti di UMH.

Tak pelak, melalui edisi terbaru Flavour and Fragrance Journal, para peneliti menobatkan rempah-rempah ini sebagai sumber antioksidan alami terbaik. “Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan rempah-rempah dengan oksidan alami paling baik diterapkan dalam diet Mediterania,” tambah peneliti. “Zat-zat dalam cengkeh terbukti menunjukkan kapasitas antioksidan tinggi dan bisa memiliki efek menguntungkan bagi kesehatan,” katanya lagi seperti dikutip dari Times of India.

Tim juga mengevaluasi efek antioksidan dari minyak esensial dari rempah-rempah lain yang digunakan dalam diet Mediterania seperti oregano (Origanum vulgare), timi (Thymus vulgaris), rosemary (Rosmarinus funcionarios cinalis), dan sage (Salvia funcionarios cinalis).

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengupayakan agar rempah-rempah bisa dimasukkan ke dalam produk makanan sebagai antioksidan alami.

sumber: mediaindonesia.com


Artikel Yang Mungkin Berkaitan :

  1. Sehat dengan Makanan Berserat
  2. Buta Warna, Jangan Remehkan Kelainan pada Mata
  3. Menikah, Salah Satu Cara Untuk Langsing
  4. Berikut 8 Aturan Memakai Ponsel, Agar Terhindar Dari Kanker Otak
  5. Ingin Cantik? Harus sehat
  6. Bayam Merah Bagi kesehatan
  7. Pisang Kaya Mineral
  8. Amanakah Makanan dan Minuman dalam Kemasan ?
  9. Waspadai Kanker Payudara Pada Pria
  10. Buah Kenari Pencegah Kanker Prostat